People Innovation Excellence

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Wadah Pemasaran Yang Efektif

Oleh : Yusvin Olivia Sihombing, S.Kom., M.M.

Dalam sebuah bisnis diperlukan pemasaran yang baik untuk dapat menciptakan brand awareness terhadap calon pelanggan dan sebagai cara untuk menjangkau pasar. Dengan merencanakan dan melakukan strategi pemasaran yang baik dapat meningkatkan penjualan.

  • Proses pemasaran juga tidak luput dari pemanfaatan teknologi terutama media sosial terutama yang sekarang banyak digunakan oleh para praktisi bisnis adalah platform Instagram. sejak diluncurkan pada tahun 2010 lalu, aplikasi ini telah memiliki 400 juta lebih pengguna dari seluruh dunia. Dari angka tersebut, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Instagram terbanyak. Dikutip dari Beritagar, walau tidak disebutkan jumlahnya, Indonesia merupakan negara pengguna Instagram terbanyak setelah Jepang dan Brasil. Data tersebut berasal dari TNS, sebuah perusahaan riset dan analisis dari Inggris. Selain jumlah pengguna Instagram, TNS juga mengungkapkan sejumlah fakta-fakta menarik tentang Instagram di Indonesia.
  • 97 persen menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang lebih detail.
  • 89 persen pengguna Instagram di tanah air berada dalam rentang umur 18 – 34 tahun. 63 persen di antaranya merupakan perempuan.
  • 85 persen pengguna Instagram di Indonesia juga membagikan posting mereka ke media sosial lain.
  • 45 persen pengguna di Indonesia mengaku kerap membeli barang-barang yang mereka temui di Instagram.

Dari jumlah yang cukup besar tersebut, Instagram dilihat dapat menarik banyak calon pelanggan, walaupun sebuah bisnis tidak secara gamblang memasarkan produknya di Instagram, tetapi mereka mem-posting foto-foto dengan kualitas tinggi sehingga publik tertarik untuk mengikuti akun mereka. Dari situ sebuah bisnis dapat dengan mudah melakukan update mengenai produk/promosi/event yang akan mereka adakan. Jenis bisnis yang memanfaatkan instagram sebagai wadah pemasaran pun ada berbagai macam seperti restoran, jasa photography, event organizer, pakaian, dan lainnya. Level bisnisnya pun tidak hanya level bisnis kecil ataupun menengah. Bisnis yang sudah tergolong besar dan bahkan highend pun aktif menjadikan Instagram sebagai “katalog” mereka. Bahkan para selebriti Indonesia juga memasarkan bisnis mereka melalui akun instagram mereka, contohnya seperti Andien yang kerap memasarkan bisnis kebugaran 20Fit miliknya. Kelebihan Instagram yang juga menjadi pertimbangan untuk menjadi wadah pemasaran yaitu Instagram dapat diintregasikan ke media sosial lain seperti facebook, twitter, tumblr yang dapat memudahkan bisnis dalam penyebaran informasi mengenai produk atau jasa mereka.

Referensi:

https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-instagram-indonesia

http://www.tnsglobal.com/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close