People Innovation Excellence

KEGAGALAN PRODUK BARU

Oleh: Rita, SE., M.Si (Faculty Member of International Marketing)

Tidak sedikit produk baru yang diluncurkan menjadi hits diawal kemunculan, namun tenggelam dalam waktu singkat. Ada beberapa kesalahan yang mungkin menimpa suatu produk baru, yaitu:

1. Kesalahan Memilih Nama Merek

Kesalahan memilih nama merek bisa membawa akibat buruk. Beberapa hal yang penting dalam memilih nama merek adalah; mudah diucapkan, mudah diingat, dan tidak berarti buruk dalam bahasa lain. Suatu merek juga harus didukung oleh logo dan slogan. Desain lah logo yang menarik, mudah diingat, dan relevan dengan merek. Slogan yang ampuh adalah serangkaian kata yang bisa menjelaskan suatu merek hanya dengan satu kalimat saja.

2. Kesalahan Segmentasi

Kesalahan segmentasi berpangkal dari kurangnya informasi pasar. Akibatnya pengelompokan konsumen tidak sesuai dengan kondisi pasar sesungguhnya. Segmentasi bisa salah karena ketidakmampuan marketer untuk mengidentifikasi segmen pasar dengan baik dan jelas. Segmentasi juga bisa keliru karena pasar sudah bergeser, misalnya kearah lifestyle, tapi marketer masih membaginya berdasarkan faktor demografis. Ini bisa terjadi pada produk-produk fashion.

3. Kesalahan Targeting

Targeting memudahkan marketer untuk memahami konsumen lebih detail. Salah memilih target, salah juga konsep lainnya. Konsep ini sebagai alat bantu untuk memetakan pelanggan yang ingin dibidik. Tetapi, di setiap segmen terjadi pembagian kelas, baik berdasarkan kecenderungan, perilaku, serta gaya hidup. Maka kemudian muncullah yang namanya targeting, sasaran yang lebih spesifik dari segmen yang ingin dibidik.

4. Kesalahan Positioning

Kegagalan positioning bisa terjadi karena tidak jelas dengan target pasar yang dituju. Dalam arti tidak tajam melihat segmentasi dan targeting, terlalu banyak atribut yang ditekankan, atau atribut-atribut yang dipilih tidak punya keunikan yang berbeda dari pesaing. Positioning lah yang membedakan produk kita dari produk lain di pasaran.

5. Kesalahan Pricing

Harga suatu produk memang harus reasonable, tapi harga juga mencerminkan perceived value yang akan masuk ke dalam benak konsumen akan suatu produk.

Lupakan soal cost dalam menjalankan pricing. Pikirkan berapa yang konsumen siap bayar, itulah price-nya. Tapi untuk bisa mencapai level itu, suatu produk baru harus punya value. Ini dapat dibagun dari berbagai segi, seperti dari kemasan, komunikasi, dan gengsinya.

6. Kesalahan Distribusi

Distribusi yang tidak cepat karena alasan habis stok, waktu produksi yang lama, dan alasan lainnya mengakibatkan kegagalan produk baru. Selain itu produk mewah didistribusikan di lokasi yang dikelilingi segmen kelas bawah atau sebaliknya mengakibatkan distribusi produk baru yang tidak tepat sasaran.

7. Kesalahan Momentum

Time is everything. Mengapa? Karena timing selalu terkait dengan momentum. Supaya bisa memprediksi momentum yang tepat, seorang marketer membutuhkan analisis yang tajam. Artinya, dia harus bisa melihat, kapan harus bergerak duluan, dan kapan harus wait and see. Kecerdasan bisnis seperti ini hanya bisa diperoleh marketer melalui observasi dan pengalaman yang cukup lama.

(Berbagai Sumber)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close