People Innovation Excellence

LETTER OF CREDIT (L/C)

Written by: Rianto Nurtjahjo, SE,MM

Merupakan suatu surat yang dikeluarkan oleh bank atas permintaan imporitr yang ditunjukan kepada eksportir diluar negeripembukaan suatu L/C adalah atas permintaan dan untuk keperluan importir, atas permintaan itu bank melakukan pembukaan L/C dikantor cabangnya diluar negeri atau melalui salah satu koresponden bank dimana eksportir yang dimaksud berada.bank yang melakukan pembukaan L/C disebut OPENING BANK atau ISSUING BANK, sementara Bank yang menerima pembukaa L/C tersebut disebut ADVISING BANK, sedangkan ekportir yang menerima pembukaan L/C disebut BENEFICIARY.

Dalam Pembukaan L/C adakalanya opening Bank member kuasa kepada koresponden (advising Bank) untuk bertindak atas namanya untuk melunasi wesel yang ditarik oleh eksportir atas L/C yang tersedia ini yang disebut authority to purchase the draft (s)

Syarat untuk pembukaan dokumen  L/C :

  • Commercial invoice
  • Packing list
  • Weight note
  • Insurance
  • Brochure

Dalam kondisi ini pihak eksportir harus menekan serendah mungkin resiko misalnya jangan sampai barang yang sudah dikirim sedangkan pembayaran tidak bisa diterima,untuk keperluan ini eksportir menuntut pula supaya syarat-syarat L/C harus sedemikian rupa sehingga benar-benar akan merupakan jaminan bagi pembayaran atas barang-barangnya.

Dalam hal ini dapat dikememukana beberapa jenis L/C sesuai dengan besar kecilnya pertanggubngjawaban iimportir dan opening bank.Adapun Jenis L/C :

  1. REVOCABLE L/C dimana sewaktu-waktu dapat ditarik kembali atau dibatalkan oleh opening ank tanpa memerlukan persetujuan dari beneficiary
  2. IRREVOCABLE L/C tidak bisa dibatalkan selama jangka waktu yang ditentukan dan dalam hal ini pembatalan mungkin juga dilakukan tetap harus ada persetujuan semua pihak yang bersangkutan dengan L/C tsb.
  3. IRREVOCABLE & CONFIMED L/C , dianggap paling sempurna dan ‘aman” dipandang ari sudut peneriman L/C hal ini karena pembayaran yang ditarik atas L/C semcam ini dijamin sepenuhnya oleh OPENING bank bila syarat dipenuhi.

Published at :
Written By
Rianto Nurtjahjo, SE,MM
SCC | IBM
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close