People Innovation Excellence

MIKRO VS MAKRO

By: Rumondang Puji Nur Suci, S.E., M.Sc.

Secara garis besar Ilmu Ekonomi dapat dipisahkan menjadi dua yaitu: Ilmu Ekonomi Mikro dan Ilmu Ekonomi Makro.

A. Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro mempelajari variablel-variabel  ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variable-variable tersebut antara lain: pendapatan nasional, kesempatan kerja dan pengangguran, jumlah uang yang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi maupun neraca pembayaran internasional. Adapun masalah-masalah ekonomi utama yang dipelajari dalam ekonomi makro antara lain terkait dengan:

  • Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Apabila seluruh sumber daya telah dimanfaatkan keadaan ini disebut sebagai full employment. Sebaliknya bila belum maksimal dimanfaatkan berarti perekonomian berada dalam keadaan under employment atau terdapatnya pengangguran.
  • Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas di bidang moneter. Apabila nilai uang cenderung menurun dalam jangka panjang berarti terjadi inflasi dan sebaliknya terjadi deflasi.
  • Sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan yang disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi.

B. Ekonomi Mikro

Dalam ilmu ekonomi mikro dipelajari variable-variable ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan dan rumah tangga. Selain itu, dipelajari juga tentang bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehingga tercapai tingkat kepuasan yang optimum. Secara teori, tiap individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimum bersama dengan individu lain akan menciptakan keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi ceteris paribus.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close