People Innovation Excellence

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Brand Preference dalam Toko Ritel

Oleh: Ladwina Decy, SE (Alumni of International Marketing)

Merupakan hal yang lumrah bagi para manajer maupun marketer bahwa branding telah menjadi strategi yang penting dan sebuah studi utama dalam pangsa pasar yang begitu kompetitif mengenai brand preferenceBrand preference mengacu kepada prioritas konsumen secara hirarki terhadap sebuah merk sebagai hasil dari pemahaman konsumen terhadap sebuah merk secara kognitif dan tetap (Singh et al., 2008; Kumar, 2014).

Perlu diperhatikan bahwa, apabila konsumen merasa puas terhadap sebuah merk ataupun produk, mereka akan membeli produk tersebut secara berkala, kemudian ketika konsumen membeli produk secara berkala, menunjukkan sikap yang positif terhadap sebuah merk, maka konsumen akan menjadi loyal. Brand yang memiliki tingkatan brand awareness tertentu akan lebih dipertimbangkan, kemudian dipilih, dibandingkan dengan merk yang kurang dikenal oleh konsumen. Maka dari itu, agar konsumen dapat membeli ataupun memilih sebuah merk, mereka pertama-tama harus dibuat sadar akan keberadaan merk tersebut (Kumar, 2014).

Dalam membeli memilih suatu merk saat berbelanja di roko retail terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi setiap keputusan konsumen, sesuai dengan hasil penelitian Lybeck, Holmund-Rytkönen, & Sääksjärvi (2006) pada kategori produk cokelat, ialah diantaranya:

  1. Taste
  2. Previous experience
  3. Product quality
  4. Reliability
  5. Value for money
  6. Availability

Lalu, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Chimboza dan Mutandwa, (2007) terdapat empat faktor penting dalam pemilihan sebuah merk, yaitu antara lain:

  1. Promotion
  2. Brand price and availability
  3. Packaging
  4. Product quality

Di mana empat faktor ini dapat membantu pemasar dalam membuat inovasi produk. Berdasarkan prioritasnya, product visibility perlu untuk terus ditingkatkan melalui promosi dan memastikan sebuah merk dikenakan harga yang kompetitif. Kemudian, memastikan sebuah produk tersedia pada lokasi-lokasi yang strategis untuk meningkatkan kenyamanan konsumen lokal (Chimboza & Mutandwa, 2007).

Kemudian Kumar dan Babu (2014), juga menyatakan dalam penelitiannya, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen memilih sebuah merk adalah product quality, availability dan pricing sebagai tiga faktor utama, yang kemudian diikuti oleh taste dan packaging. Faktor-faktor inilah yang mempengaruhi dan mendorong konsumen untuk memilih suatu merk dibandingkan dengan merk yang lain pada saat berbelanja di toko ritel. Di mana faktor-faktor ini dapat membantu manufaktur dalam mengidentifikasi dan menentukan saluran distribusi yang tepat  untuk setiap varian produk yang ditawarkan agar dapat meraih sasaran pasar yang diinginkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close