People Innovation Excellence

Keywords: Wedding Organizer, Produk High Involvement dan Arti Penting Pesta Pernikahan pada Masyarakat Indonesia

Oleh: Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Kebutuhan terhadap penggunaan wedding organizer di kalangan masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah perkotaan makin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan kesibukan mereka yang makin meningkat dan keadaan ibukota Jakarta dengan kemacetannya yang makin tidak bersahabat. Saat ini, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tren penggunaan wedding organizer bukan lagi dianggap sebagai sarana pendukung dan penolong bagi kelancaran pesta pernikahan mereka saja, melainkan menjadi sebuah kebutuhan yang penting dan substansial. Beberapa alasan yang mendasari hal tersebut, seperti: wedding organizer adalah sebuah servis yang bersifat high involvement; pernikahan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, merupakan sebuah hal yang sangat penting dan krusial, bahkan bagi sebagian besar dari mereka menganggap pesta pernikahan adalah perlambang kesuksesan dan penentu status sosial seseorang; keinginan semua orang untuk menyelenggarakan pesta pernikahan sekali seumur hidup.

Tidak berbeda dengan masyarakat kalangan atas yang tidak hanya menganggap pernikahan adalah salah satu pencitraan dari yang mereka miliki dan peroleh selama ini, tetapi juga sebagai salah satu alat untuk mendapatkan pengakuan dari pihak lain. Sehingga untuk itu selaras dengan teori High Involvement, mereka rela mengeluarkan dana yang sangat besar demi sebuah pagelaran pesta pernikahan yang super megah, mewah, dan tidak terlupakan bagi pasangan pengantin, keluarga, dan tentu saja para tamu yang hadir.

Baliwedding-01

Totalitas kalangan papan atas dalam penyelenggaraan pesta perkawinannya, juga tercermin dalam pemilihan vendor-vendor yang mereka percayakan untuk membuat pesta pernikahannya tidak terlupakan, seperti misalnya ketika mereka memilih vendor dekorasi, mereka tidak akan sungkan-sungkan membayar mahal untuk sebuah desain dekorasi yang spektakuler. Seperti yang dikatakan

Soeryanto, seorang wedding decorator yang sudah lebih dari 30 tahun aral melintang di dunia penyelenggaraan pesta pernikahan di Indonesia, dan memiliki konsumen yang sebagian besarnya adalah konsumen kelas atas, berikut ini: “Kendati demikian, menyangkut biaya, untuk ukuran Indonesia, jasa Syu hanya bisa dinikmati kaum berduit. Ia membagi pesanan dekorasinya dalam tiga segmen: kecil (Rp 75-100 juta), sedang (Rp 150-250 juta), dan besar (di atas Rp 300 juta)” (Abe, 2008).

Untuk itu wedding organizer kalangan atas berani mematok fee yang tentu saja tidak kecil karena menurut mereka berbanding lurus dengan keinginan calon pengantin dari kalangan papan atas yang menginnginkan sebuah pesta pernikahan yang spektakuler dan sekali seumur hidup, seperti yang terangkum pada pernyataan – pernyataan para pemilik wedding organizer papan atas berikut ini:

“People hire wedding organizers because they and their families want to feel more relaxed before and during the big day, So, we set up the [wedding] schedule and negotiate with decorators, caterers, designers and photographers. We also arrange meetings between couples and vendors,” he adds. Rina agrees with Emil: “We set up a timetable for the couples, to make sure they meet weekly or monthly targets as scheduled. Besides, we help couples manage their budgets.” (Kuswandini, 2010)

Dengan adanya fakta tersebut, wedding organizer berkewajiban untuk memberikan segalanya demi memenuhi kepuasan calon pengantin terhadap penyelenggaraan pesta pernikahan yang mereka impikan, sekali lagi pesta pernikahan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah “a BIG thing”.

#marketingisntallaboutselling


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close