People Innovation Excellence

Peran Sales Promotion sebagai Marketing Tools pada Industry Wedding Organizer di Jakarta (1)

Oleh: Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Seperti yang sudah diketahui tentang bagaimana pentingnya pesta pernikahan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dimana hal ini yang memicu bisnis Wedding Organizer saat ini semakin berkembang dengan pesatnya. Saat ini terlihat semakin banyak Wedding Organizer bermunculan dengan berbagai macam strategi promosi yang mereka lancarkan untuk menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa mereka.

Banyak cara yang dilakukan oleh wedding organizer untuk memuaskan pelanggannya, mulai dari memberikan pelayanan dari sebelum hingga pada pelaksanaan acara, menyediakan vendor-vendor pernikahan, memberikan konsultasi, hingga memberikan diskon, harga dan tawaran menarik bagi para calon pengantin selain itu wedding organizer kerap kali menyisipkan strategi promosi dengan menggunakan Sales Promotion seperti misalnya memberikan hadiah paket honeymoon bagi calon pengantin yang deal di waktu tertentu dengan range harga paket tertentu pula, atau misalnya memberikan gratis satu item tertentu misalnya paket dokumentasi prewedding atau tambahan 1 paket gubukan kambing guling jika calon pengantin setuju untuk membayar jasa mereka pada satu range harga tertentu.

13466300_10209158810304272_3445188465693131038_n

Hal-hal tersebut sengaja dilakukan oleh para pemilik jasa wedding organizer untuk menggaet sekaligus memenui kepuasan para calon pasangan pengantin. Bagian yang menjadi pertanyaan yang menarik di sini adalah (1) apakah sales promotion memengaruhi calon pengantin yang berasal dari kalangan dalam pemilihan sebuah wedding organizer; (2) apakah sales promotion dapat dijadikan marketing tools yang jitu dan berpotensi mendorong calon pengantin yang berasal dari kalangan atas untuk memilih sebuah Wedding organizer.

Dengan bermunculannya bidang usaha yang beragam, konsumen makin leluasa memilih sesuai dengan kebutuhannya dan konsumen pun saat ini memiliki bargaining power yang kuat dalam melakukan pembelian. Maka dari itu sebagai produsen atau penawar barang/jasa sangat memerlukan strategi yang tepat guna agar dapat memenangkan persaingan pasar saat ini. Perusahaan tidak lagi menjual barang/jasa yang sekiranya perusahaan tersebut ingin menjual namun lebih dilihat dari kebutuhan dan keinginan pasar yang ada. Keadaan ini memunculkan suatu pendekatan yang lebih mengarah ke persepsi konsumen dalam membuat suatu strategi pemasaran.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close