People Innovation Excellence

Peran Sales Promotion sebagai Marketing Tools pada Industry Wedding Organizer di Jakarta (2)

Oleh: Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

(Continued from Peran Sales Promotion sebagai Marketing Tools pada Industry Wedding Organizer di Jakarta (1))

“Sales promotions consist of all of the incentives offered to customers and channel members to encourage product purchases, Sales Promotion take two forms: consumer promotions and trade promotions. Consumer promotions are aimed at those who actually use the product or end users. They may be individuals or households. Another end user may be a word, consumer promotions are offered in both consumer markets and businessto-business markets.” Clow dan Baack (2012)

Ada beberapa bentuk dari sales promotion untuk consumer promotions, yaitu: kupon, hadiah premium, kontes atau undian berhadiah, rebates, pembagian sampel produk, bonus atau program tertentu yang diberikan secara cuma-cuma kepada pelanggan, dan pemotongan harga/diskon.

Salah satu hal yang menurut para pemilik usaha wedding organizer cukup penting adalah adanya sales promotion. Dalam hal ini adalah pemberian bonus atau penghargaan tertentu secara cuma-cuma pada calon pengantin jika mereka setuju untuk membayar sebuah paket pernikahan pada satu range harga tertentu dan pada kurun waktu tertentu pula, misalnya pada saat pameran pernikahan berlangsung. Bentuk dari sales promotion yang biasa ditawarkan oleh wedding organizer, misalnya: pemberian paket honeymoon secara gratis khusus untuk calon pengantin selepas acara pernikahan berlangsung; pemberian paket perawatan pranikah untuk kedua calon pengantin secara gratis sebelum acara pernikahan berlangsung; pemberian tambahan porsi pada sajian makanan untuk para tamu; dan pemberian paketan dokumentasi pemotretan prewedding, dan bentuk-bentuk sales promotion lainnya.

Pada kenyataanya ada keterkaitan antara adanya sales promotion dengan keputusan calon pengantin dalam pemilihan sebuah wedding organizer, seperti yang terlihat pada bagan tentang karaketristik pemasaran berdasarkan hubungan pelanggan berikut ini :

sales promotion

Gambar 1 menjelaskan tentang cara sebuah perusahaan dalam memuaskan pelanggannya. Pada bagan tersebut terlihat bahwa beberapa hal yang dilakukan oleh perusahaan dapat menyenangkan pelanggannya, seperti misalnya: memberikan produk/jasa yang terbaik, memberikan perhatian yang mendalam, memberikan informasi yang berkesinambungan, memberikan penawaran harga terbaik, memberikan pelayanan yang prima, dan memberikan keistimewaan-keistimewaan seperti sales promotion. Dari situ perusahaan akan memberikan janji kepada pelanggan dan pelanggan akan memberikan kepercayaannya kepada perusahaan. Lebih jauh lagi, pelanggan akan melakukan pembelian ulang (retention), kesetiaan, niat baik untuk merekomendasikan perusahaan kepada pihak lain, dan komentar positif.

Sehingga dalam implementasinya, jika sales promotion merupakan keistimewaan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya, pelanggan akan merasa bahagia dan puas terhadap perusahaan tersebut.

#marketingisntallaboutselling


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close