People Innovation Excellence

MENGENAL PEMASARAN JASA ONLINE

Oleh: Freddy Simbolon SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Di tahun 2015 ada 150 juta orang Indonesia yang menggunakan Internet, nantinya akan mengalami kenaikan 70% pada tahun 2020. Masyarakat golongan kelas menengah membutuhkan suatu informasi yang populer. Salah satunya adalah mengenai kesehatan. Melihat peluangini, KlikDokter.com pun berusaha masuk denga nmenawarkan spesialisasi yang berbeda dalam dunia kesehatan. KlikDokter.com. sebuah website kesehatan dengan informasi mengenai gaya hidup, penyakit, pencegahan penyakit, dan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Website ini pun menggandeng para dokter sehingga informasi yang diberikan pun cukup terpercaya. Selain itu, dengan mengandalkan berbagai kerja sama dengan Kementrian Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, Ikatan Alumni Universitas Indonesia, dll, aplikasi mobile ini diharapkan mampu menembus pasar yang lebih luas lagi.

Google-plus-foto-cover-1

Jasa mempunyai empat karakteristik berbeda yang memengaruhi desain program pemasaran KlikDokter.com:

  • Jasa tak berwujud

Pengguna internet yang ingin mendapatkan informasi lebih banyak mengenai gaya hidup sehat beserta penanganan terhadap penyakit hanya dapat dilakukan bila mereka mengakses dan bertransaksi di situs KlikDokter.com.

  • Jasa tak terpisahkan

Informasi mengenai penanganan penyakit tertentu dapat dilakukan pengguna Internet bila berkonsultasi dengan dokter spesialis yang dimiliki KlikDokter.com.

  • Variabilitas jasa

KlikDokter.com memiliki berbagai tim medis dengan latar belakan gberbeda pada pengalaman, keahlian, pengetahuan, dan sikap yang disesuaikan dengan permasalahan pada setiap jenis penyakit.

  • Jasa dapat musnah

Konsultasi kesehatan dapat dilakukan bilamana pengguna Internet mengkases KlikDokter.com dan berdiskusi dengan tim medis. Setelah berdiskusi, jasa tim medis tida kdapat lagi digunakan.

Dalam merencanaka npenawaran pasarnya, pemasar harus melihat tiga tingkat jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Setiap tingkat menambah nilai pelanggan yang lebih besar . Ketiga tingkatan tersebut adalah tingkat paling dasar yang dikenal dengan manfaat inti atau core customer value, yang membawa pertanyaan apa yang benar-benar dibeli oleh pembeli? Ketika merancang produk atau jasa mula-mula pemasar harus mendefinisikan inti, manfaat penyelesaian masalah atau jasa yang dicari konsumen. Dalamkasus KlikDokter.com manfaat intinya adalah masyarakat kelas menengah yang membutuhkan informasi gaya hidup sehat melalui Internet.

Pada tingkat kedua, para perencana produk harus mengubah manfaat inti menjadi produk actual melalui pengembangan fitur produk dan jasa, desain, tingkat kualitas, nama merek, dan kemasan di pemasaran Internet. Sesuai dengan nama merek situs, KlikDokter.com akan memudahkan pengguna Internet untuk lebih mengenal dan mengakses situs yang dapat memberikan kebutuhan informasi kesehatan dengan masalahnya. KlikDokter.com meluncurkan aplikasi mobile dengan fitur Live Chat yang dapat membuat pasien bisa berkomunikasi langsung 1×24 jam dengan tim dokter spesialis sekaligus bisa mengirimkan gambar penyakit dan pengobatan.

Tingkat terakhir di mana perencana produk harus membangun produk tambahan atau augmented product dengan menawarkan pelayanan dan manfaat tambahan pada konsumen. Dalam tahap ini, KlikDokter.com memberikan jaminan akan informasi solusi sehat yang cepat dan terpercaya dengan akreditasi tim medis yang handal dan layanan purnajual yang dilakukan tim medis melalui kegiatan monitoring perkembangan kesehatan pasien. (BerbagaiSumber)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close