People Innovation Excellence

Corporate Social Responsibility Program is New Way of Marketing?

Setiap perusahaan mempunyai kewajiban untuk membuat program sosial yang ditujukan kepada masyarakat maupun lingkungan. Hal ini bertujuan agar setiap perusahaan dapat memberikan kontribusi positif atas kegiatan yang dilakukannya dan tetap memelihara hubungan yang baik antar sesama masyarakat maupun lingkungan. Namun, banyak yang berpendapat bahwa program sosial merupakan salah satu cara perusahaan dalam memasarkan perusahaannya. Apakah benar demikian?

Secara tidak langsung, program sosial yang dilakukan perusahaan tentu saja mempengaruhi awareness masyarakat mengenai perusahaan tersebut. Tidak tergantung pada apakah masyarakat tersebut adalah konsumen ataupun bukan konsumen dari produk perusahaan. Awareness yang positif akan terbentuk pada masyarakat melalui program sosial yang dilakukan perusahaan sehingga hal ini dapat mempengaruhi positioning perusahaan dibenak masyarakat. Bahkan dampak jangka panjang dari program sosial adalah mendapatkan konsumen baru karena awareness positif yang mempengaruhi kepercayaan konsumen untuk menggunakan produk dari perusahaan. Selain itu, juga rasa loyalitas yang akan timbul dari konsumen untuk tetap menggunakan produk perusahaan.

Program sosial yang baik adalah program sosial yang dapat memberikan dampak positif yang besar kepada masyarakat dan lingkungan secara jangka panjang. Sehingga perusahaan tidak secara egois menggunakan sumber daya yang ada, tetapi juga bertanggung jawab terhadap sesamanya. Positioning yang baik terhadap perusahaan akan terbentuk dengan sendirinya sesuai dengan bagaimana kualitas produk dan juga nilai yang diberikan produk. Program sosial merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Namun, perlu ditekankan bahwa hal tersebut bukanlah tujuan utama program sosial yang diadakan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, masyarakat juga harus semakin cermat dalam menanggapi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, termasuk program sosial yang dijalankan. Sehingga dapat memberikan respon yang tepat dalam menanggapi kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close