People Innovation Excellence

Marketing = Psychology = Selling

Masih banyak orang yang belum paham mengenai apa sebenarnya itu marketing, apa saja yang dilakukan oleh para marketers, dan apa saja yang dipelajari dalam marketing. Banyak orang yang berpendapat bahwa marketing adalah selling, hal ini diakibatkan oleh beberapa perusahaan yang menggunakan sebutan “marketer” untuk para karyawannya yang bertugas untuk menawarkan produk-produk perusahaan kepada konsumen.

Marketing merupakan ilmu yang dipelajari dalam membentuk bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk menarik konsumen dan menyampaikan value yang diharapkan perusahaan kepada konsumen secara tepat. Hasil dari strategi ini tentunya akan mendukung kegiatan penjualan yang dilakukan oleh para sales. Jadi, bicara tentang marketing tidak hanya mengenai penjualan tetapi banyak hal lainnya yang menjadi bahan pertimbangan dalam membuat sebuah strategi sehingga produk dapat diterima oleh konsumen dan tentu saja dapat lebih memudahkan kegiatan penjualan.

Belajar mengenai marketing juga sedikit mempelajari ilmu psikologi. Kenapa? Karna sebagai seorang marketer harus tahu siapa yang akan menjadi konsumen yang tepat, apa saja karakteristik dari konsumen tersebut, bagaimana cara mereka berpikir, apa saja yang mempengaruhi mereka dalam mengambil keputusan pembelian, apa yang akan dirasakan mereka ketika membeli dan menggunakan produk dan apa yang akan dilakukan mereka setelah melakukan pembelian. Secara detail informasi yang diketahui mengenai konsumen, maka akan lebih mendukung dalam pembuatan strategi pemasaran. Oleh karena itu, membaca bagaimana perilaku konsumen menjadi salah satu hal yang dipelajari dalam marketing.

Banyak hal yang perlu di pelajari dalam marketing, tidak hanya mengenai konsumen dan strategi penjualan yang tepat. Tetapi juga mengenai pelayanan, nilai, hubungan dengan konsumen dan banyak lainnya. Dalam perusahaan, marketing bukanlah satu-satunya hal yang berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan. Setiap departemen dalam perusahaan tetap haru saling terintegrasi dan bekerja sama dalam mencapai tujuan perusahaan. Tetapi marketing yang baik akan mendukung kegiatan perusahaan dalam mencapai kesuksesan.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close