People Innovation Excellence

Apa Pentingnya Market Research?

Definisi Market Research menurut Malhotra adalah identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik dan objektif. Informasi tersebut digunakan untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan penyelesaian masalah dalam bidang pemasaran (Malhotra, 2005).

Menurut Doman (2002), ada 4 tujuan dasar dan riset pasar, diantaranya menganalisis pasar, menganalisis tanggapan pasar terhadap suatu produk atau jasa, menganalisis efektivitas iklan atau promosi dan perusahaan, dan menyusun strategi.

Apa pentingnya Market Research? Melakukan Market Research sangat penting sebelum kita melakukan suatu kegiatan karena dengan melakukan Market Research, kita dapat mengetahui informasi terkait dengan kegiatan yang akan kita lakukan sehingga kita dapat menyesuaikan tindakan yang tepat dalam menanggapi informasi yang telah kita peroleh sebelumnya. Dengan demikian, kita dapat meminimalkan resiko kegagalan yang dapat dilakukan.

Market Research dapat digunakan dalam melaksanakan kegiatan apapun. Contohnya dalam pelaksanaan kegiatan bisnis. Ketika hendak menjalankan bisnis, dengan melakukan Market Research kita dapat mengetahui keadaan target pasar dan juga tanggapan dari target konsumen yang akan disasar. Informasi yang dapat diperoleh misalnya dapat berupa lokasi penjualan yang efektif untuk memasarkan produk, range harga yang diharapkan oleh konsumen dan atribut-atribut produk yang diinginkan atau tidak diinginkan oleh konsumen. Dengan demikian, kita dapat mengevaluasi beberapa hal terkait dengan produk dalam menjalankan bisnis ataupun melakukan perubahan terkait dengan produk sehingga dapat lebih tepat sasaran untuk memasarkan produk.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close