People Innovation Excellence

Jasa Taksi Merupakan Salah Satu Pasar Oligopoli di Indonesia

 

 

Transportasi umum yang ada di Indonesia cukup banyak. Ada tiga klasifikasi dalam moda transportasi yang ada di Indonesia. Tiga klasifikasi tersebut adalah transportasi udara, transportasi laut, dan transportasi darat. Saat ini penulis akan mengambil satu klasifikasi yaitu transportasi darat, lebih khususnya yang penulis pilih adalah taksi .

Taksi merupakan sebuah sarana transportasi angkutan umum berkapasitas kecil yang sangat sering masyarakat gunakan dalam kegiatan sehari-hari khususnya di Indonesia. Alasan dibalik penggunaan tersebut salah satunya adalah banyak orang yang apabila tidak ingin repot untuk membawa kendaraan pribadi ataupun untuk melakukan suatu perjalan yang lumayan jauh memilih taksi sebagai alat transportasinya.

Seiring dengan kebutuhan pasar masyarakat di Indonesia,transportasi umum dalam hal ini adalah taksi juga memiliki beberapa kelas tersendiri. Pihak dari perusahaan taksi telah mengelompokan taksi nya ke beberapa target di masyarakat Indonesia yang mana untuk memenuhi kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar di Indonesia sangat beragam. Ada yang hanya menggunakan untuk hal yang biasa saja seperti hanya sebagai alat transportasi ke suatu tempat misalnya ke pusat perbelanjaan atau pusat rekreasi semata, namun ada kalangan masyarakat yang tidak hanya sekedar alat transportasi untuk mengantar saja namun juga untuk mendapatkan nilai atau kepuasan yang lebih dalam menggunakan taksi tersebut. Untuk itu berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia sangat diperhatikan guna memuaskan masyarakat dan juga pelanggan yang sering menggunakan taksi.

Mari kita ambil 2 perusahaan taksi yang berbeda.Contoh taksi tersebut adalah Silver Bird dan taksi Express. Silver Bird merupakan taksi yang mana dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang mana menginginkan kepuasan lebih yang digunakan oleh masyarakat yang ada di Indonesia khususnya masyarakat yang sering mengggunakan taksi. Silver Bird menghadirkan nuansa yang berbeda dengan taksi lain nya karena dalam operasional nya Silver Bird menggunakan mobil kelas premium dibandingkan dengan taksi lainnya , namun biaya yang ditawarkan dalam menggunakan jasa transportasi ini bisa dibilang cukup mahal dibandingkan dengan taksi Express.Bisa dikatakan bahwa Silver Bird merupakan taksi dengan klasifikasi tinggi ( Executive class). Sedangkan untuk taksi Express merupakan alat transportasi yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan sebuah alat transportasi yang cukup nyaman dengan biaya untuk menggunakan jasa nya cukup murah. Bisa dikatakan bahwa taksi Express merupakan taksi yang mempunyai klasifikasi standard ( Standard Class). Jadi, Silver Brid dan taksi Express merupakan jenis taksi yang berbeda . Silver Bird merupakan taksi Express merupakan dua jenis taksi yang berebda yang ada di Indonesia berdasarkan perbedaan dari segi pelayanan, armada atau mobil yang digunakan, dan juga biaya yang harus dikeluarkan bila ingin mengggunakan jasa taksi tersebut.

Sekarang penulis akan menjelaskan tentang Standard Class dan juga Executive Class.

Standard Class

Transportasi di Indonesia khusunya taksi sangat banyak. contoh nya seperti taksi Express,da Taxiku,. Dari ketiga tersebut merupakan sebuah contoh dari taxi yang meupakan klasifikasi Standard Class berdasarkan armada yang dignakan maksudnya adalah mobil nya dan juga pelayanan yang diberikan adalah standard tidak ada kelebihan yang ditawarkan dari taxi tersebut. Dari keempatnya tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurang nya masing-masing sehingga tiap dari tiga perusahaan taksi tersebut tidak persis sama. Penulis akan menjelasksan karakteristik yang dimiliki oleh keempat perusahaan taksi tersebut.

Pertama adalah taksi Express. Taksi Express memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan Taxiku, Gamya, dan Cipaganti. Taksi Express focus kepada target pasar untuk menengah kebawah dengan menetapkan biara argo yang murah. Taksi Express dalam hal ini bisanya menempelkan sticker pada kaca belakang nya yang bertuliskan “argo tariff bawah”. Sehingga Masyarakat yang ingin menggunakan jasa taksi tersebut tidak sungkan dan tidak takut apabila biaya menggunakan taksi tersebut menjadi mahal. Taksi Express ini juga untuk supir nya melayani dengan cukup ramah sehingga nyaman menggunakan jasa taksi tersebut,dan juga taksi Express memiliki driver atau supir yang memiliki pengetahuan luas akan rute di Jakarta sehingga dalam menggunakan jasa taksi ini pelanggan tidak usah khawatir akan jalur yang akan dituju khususnya di daerah Jakarta. Namun hanya saja sebagian kecil armada atau mobil yang digunakan oleh taksi Express terkadang terlihat seperti kurang nya perawatan untuk keadaan mobilnya khususnya bagian luar sehingga terkadang dapat menimbulkan kecemasan masyarakat dalam menggunakan taksi Express.

Yang kedua adalah Taxiku. Taxiku merupakan taksi yang merupakan klasifikasi standard atau Standard Class berdasarkan pelayanan yang diberikan dan juga armada yang digunakan hamper sama dengan taksi Express dan juga taksi Cipaganti, Namun ada kelebihan dan kekurangan tersendiri untuk Taxiku ini. Taxiku merupakan taksi yang bertariff bawah, sehingga masyarakat yang ingin menggunakan jasa Taxiku tidak khawatir dalam biaya yag digunakan untuk menggunakan jasa Taxiku. Kelebihan yang ditwarkan oleh jasa taksi ini sedikit berbeda dengan pelayanan yang diberikan taksi standard Class lain nya. contoh nya adalah gratis uang tol dalam masa pemakaian jasa, dan memberikan hasil print out atau lembaran hasil cetak argo sehingga pelayanan yang diberikan kepuasan kepada pengguna nya .

Berikut tabel perbedaan untuk taksi yang Standard Class

  Taxiku Taksi Express
Harga Argo Rp.6000 Rp.7500
Pelayanan Standard Standard
Armada yang digunakan Mobil Sedan ( Vios ) Mobil Sedan (Vios)
Biaya per Km Rp.3000 Rp.4000
Pelayanan tambahan ·      uang tol gratis

·      Lembaran hasil cetak argo

Tidak ada

 

Executive Class

Transportasi darat khushsnya taksi memiliki 2 klasifikasi yaitu Standard Class dan juga Executive Class. Standard Class sudah di jelaskan penulis sebelumnya, sekarang penulis akan menjelaskan Executive Class.

Executive Class merupakan klasifikasi dati moda transportasi darat khusus taksi yang mana berdasarkan pada armada yang digunakan, pelayanan, dan juga tariff yang dikenakan kepada pengguna jasa tersebut. Penulis akan mengambil 2 contoh taksi yang klasifikasi Executive Class yaitu Silver Bird dan Tiara Express.

Silver Bird, merupakan taksi dibawah kepemimpinan Blue Bird. Blue Bird menyedikan taksi Silver Bird untuk memenuhi kebutuhan pasar yang mana mengingingkan suatu yang lebih atau kepuasan yang lebih yang diinginkan sebagian masyarakat di Indonesia. Silver Bird menawarkan pelayanan terbaik dan executive dari taksi – taksi biasa yang ada di Indonesia ( Standard Class ).Target pasar dari Silver Bird itu sendiri adalah pejabat , tamu-tamu VIP dan juga kebutuhan eksekutif masyarakat di indonesia . Silver Bird menawarkan pengalaman terbaik dalam berkendara dengan menggunakan mobil premium class seperti Toyota Alphard , Toyota Vellfire, Mercedes Benz ( C200, C230 , E200 CGI , dan E200 K ), dan Toyota Camry . Tariff yang bebankan kepada pelanggan pun cukup mahal namun sesuai dengan pelayanan yang diberikan oleh jasa Silver Bird tersebut. Silver Bird juga menawarkan pelayanan eksekutif lain nya seperti adanya GPS di setiap armada, dapat membayar dengan Debit, dan dilengkapi dengan EDC sehingga pelanggan dapat membayar dengan Credit Card bank Danamon, Visa dan juga Master Card.

Tiara Express, merupakan salah satu jasa moda transportasi darat khusus taksi yang memberikan pelayanan maksimum kepada masyarakat yang membutuhkan kepuasan lebih dalam menggunakan jasa taksi.Tiara Express menawarkan armada dengan kualitas premium daam menjalankan kegiatan nya. Armada premium nya seperti Toyota Alphard dan Viano.Dalam menjalankan kegiatan nya, pelanggan yang menggunakan jasa Tiara Expresss akan mendapat sesuatu yang lebih dari penggunaan jasa taksi lain. Pengemudi Tiara Express dibekali skill tambahan yaitu dpaat memberikan pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan sehingga dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan nya, tidak hanya itu Tiara Express juga menawarkan kenyamanan tersendiri seperti GPS, Internet , juga Charger ponsel ataupun notebook, laporan perjalanan dan juga e-payment.Namun tariff yang ditawarkan dengan menggunakan mobil Toyota Alphard sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Silver Bird

Berikut merupakan tabel perbedaan antara Tiara Express dan juga Silver Bird :

  Tiara Express Silver Bird
Harga Argo Rp.10.000 ( Toyota Alpahrd )

Rp. 15.000 ( Viona )

Rp. 9000 ( Toyota Alphard )

Rp. 15.000 ( untuk mobil sedan E-Class)

Rp.6000 ( Toyota Camry )

Pelayanan Executive Executive
Armada yang digunakan ·      Toyota Alphard

·      Viona

·      Toyota Alphard

·      Mercedes Benz (C200, C230 , E200 CGI ,dan E200 K), dan Toyota Camry

Biaya per Km Rp.5000 ( Toyota Alphard )

Rp. 6000 ( Viona )

Rp.5500 ( Untuk alphard )

Rp. 6000 (untuk mobil sedan E-Class & Toyota Camry

Pelayanan tambahan ·      Terdapat GPS

·      Skill pengemudi akan pertolongan pertama

·      E-Payment

·      Supir ramah dan dapat berbahasa inggris dengan baik

·      Terdapat GPS

·      E-payment

·      WI-FI

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close