People Innovation Excellence

Customer Relationship Management

Martin et al (2005, p.194) menambahkan “A CRM system attempts to provide an integrated approach to all aspects of interaction a company has with its customers, including marketing, sales and support. The goal of a CRM system is to use technology to forge a strong relationship between a business and its customers. To look at CRM in another way, the business is seeking to better manage its own enterprise around customer behaviors”. Kutipan ini menyatakan bahwa sistem CRM berusaha menyediakan sebuah pendekatan terintegrasi terhadap semua aspek dalam perusahaan dalam kaitannya dengan pelanggannya, yang meliputi marketing, sales and support. Tujuan dari sistem ini adalah dengan penggunaan teknologi diharapkan terjadi jalinan hubungan yang kuat antara perusahaan dengan pelanggannya. Dengan kata lain, perusahaan berusaha mengelola kinerja perusahaannya dengan lebih baik.

Apa pentingnya Customer Relationship Management? Pada era saat ini, dimana setiap produk mempunyai persaingan yang ketat dengan para pesaingnya sehingga mempertahankan konsumen merupakan suatu tantangan tersendiri bagi perusahaan. Mempertahankan konsumen salah satunya dapat menggunakan Customer Relationship Management. Melalui Customer Relationship Management perusahaan berusaha untuk menjadi lebih dekat dengan konsumen dan membangun suatu hubungan yang baik sehingga nantinya dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Customer Relationship Management juga dapat dilaksanakan melalui beberapa program, banyak perusahaan yang menerapkan Customer Relationship Management melalui program-program menarik yang ditujukan kepada para konsumennya seperti member card, promosi khusus pemegang member card, Customer Club, dan lain sebagainya.

Selain memperoleh loyalitas konsumen, melalui Customer Relationship Management, perusahaan juga dapat mendapatkan informasi terkait produk. Beberapa tanggapan dan pendapat konsumen mengenai penggunaan produk dapat menjadi bahan evaluasi perusahaan dalam mengembangkan produk sehingga perubahan yang dilakukan terhadap produk dapat menjadi lebih tepat sasaran sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Dengan demikian, konsumen akan menjadi merasa terlibat dengan produk perusahaan. Hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap produk sehingga lebih setia untuk menggunakan produk perusahaan.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close