People Innovation Excellence

MEDIA SOCIAL: THE GAME CHANGER

Dunia sekarang terhubung secara global yang kompleks dan menggunakan beberapa platform komunikasi untuk segala sesuatu yang kita lakukan. Rheingold (1993) mendefinisikan komunitas virtual sebagai “agregasi sosial yang muncul dari internet ketika cukup banyak orang melakukan diskusi-diskusi publik cukup lama, dengan perasaan manusia yang cukup, untuk membentuk jaring hubungan pribadi di dunia maya”.

Media sosial tentunya membuat dunia ini seperti tidak ada batasannya, saling terkait satu sama lain sehingga membentuk e-world dengan cara yang tidak terduga. Adanya jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter memudahkan banyak insan yang berada di belahan dunia berbeda untuk berkomunikasi bahkan bertemu. Seperti reuni antara teman lama sangat memungkinkan karena adanya media sosial tersebut, ditambah dengan adanya koneksi melalui smartphone atau mobile phone menjadi babak cerita baru dalam abad ini. Sosial media terus berkembang dan dapat dibuktikan dengan menjamurnya situs sosial baru setiap minggunya. Jaringan sosial didefinisikan sebagai layanan berbasis web yang memungkinkan individu untuk membangun profil publik-publik atau semi dalam sistem dibatasi, mengartikulasikan daftar pengguna lain dengan siapa mereka berbagi koneksi dan melihat dan melintang daftar mereka koneksi dan yang dilakukan oleh orang lain dalam sistem. (Boyd and Ellison, 2007, p.211)

Tidak hanya hubungan antar manusia, namun adanya media sosial ternyata membuka peluang bagi sebuah bisnis. Dengan adanya media sosial, perushaan mendapatkan kesempatan untuk mempengaruhi calon konsumennya agar tertarik dengan apa yang ditawarkan. Media sosial memungkinkan perusahaan untuk membangun brand image, bertemu orang baru, melakukan transaksi, terlibat dalam percakapan, dan mempengaruhi hasilnya dalam satu waktu sekaligus. Sekarang ini, untuk mencapai pasar yang dituju bukan dengan cara tradisional lagi, namun dengan cara sedikit menceritakan asal usul menjalankan bisnis kita. Penelitian menunjukkan bahwa lebih efektif untuk menyampaikan informasi melalui cerita. Cerita memiliki penekanan yang sama dengan pernyataan analitis, membuat informasi lebih mudah diingat karena dengan cerita dapat terhubung secara emosional. Internet telah menjadi pusat media yang menghubungkan kata-kata, suara dan video 24 jam sehari, 7 hari seminggu, maka perusahaan harus mempertimbangkan cerita yang akan dibagikan di media. Setiap bagian dari media baik aplikasi, video, blog dan lain sebagainya bertindak sebagai media penyampaian cerita. Brown 2005a, 2005b Brown, Hopkinson dan Hogarth-Scott 2007 mendefinisikan marketing sebagai sejenis narasi. Usaha penelitian sendiri merupakan tindakan pembuatan cerita dan bercerita (Hopkinson dan Hogarth-Scott 2007, hal.158).

Dengan bisnis online, semua bisnis baik kecil maupun besar memiliki kesempatan yang sama. Media sosial memungkinkan untuk mencapai target pasar dengan biaya minimal dan memungkinkan fanbase untuk membantu mengiklankan produk di pasar. Pelanggan saat ini tidak hanya sekedar berbelanja saja, namun mereka berharap untuk terlibat dengan merek melalui interaksi, partisipasi dan kolaborasi. Seperti pelanggan ingin terlibat dengan cerita dengan berbagi pengalaman mengenai bisnis atau produk kita atau bahkan hanya dengan menyatakan merek melalui media sosial mereka. Konten yang pengguna hasilkan dan pengikut media sosial Anda dapat dijadikan uji pasar. Media sosial merupakan interaksi dua arah yang akan mendapatkan umpan balik langsung dalam sekejap. Maka semakin interaktif dan tepat dengan target unggahan, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk dibagikan oleh pengikut kita. Maka dari itu, terus hadir dalam media sosial juga penting bagi keberlangsungan bisnis.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close