People Innovation Excellence

Pentingnya Project Management

Pengertian Project Management menurut PMBOK (Project Management Body of Knowledge) dalam buku Budi Santoso (2009:3) adalah aplikasi pengetahuan (knowledges), keterampilan (skills), alat (tools) dan teknik (techniques) dalam aktivitas-aktivitas proyek untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan proyek.

Ada 4 hal penting yang harus dipahami oleh seorang project manager ketika melaksanakan suatu proyek, yaitu cakupan proyek (project scope), waktu pelaksanaan proyek (project timeline), biaya proyek (project cost) dan kualitas dari proyek itu sendiri (project quality).

Project Management sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Setiap perusahaan tentunya mempunyai banyak kegiatan yang harus dilakukan, sehingga sangat membutuhkan perencanaan, pengalokasian dan pengelolaan yang baik agar pelaksanaan dari kegiatan tersebut dapat menghasilkan hasil yang paling maksimal. Dari banyaknya kegiatan yang akan dilakukan, perlu dilakukan pengurutan kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu dan tidak disesuaikan dengan lama waktu pengerjaan dan besarnya biaya yang dibutuhkan.

Banyak hal yang harus dilakukan dalam Project Management. Mengurutkan kegiatan yang akan dilakukan, pengalokasian biaya untuk setiap kegiatan dan perhitungan lama waktu pengerjaan yang tentunya kelak akan mempengaruhi kualitas dari hasil kegiatan tersebut. Setelah melakukan perencanaan tersebut, juga tetap harus dilakukan pengawasan dan controllingv terhadap proses pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut sehingga tidak mengganggu kegiatan lainnya.

Profesi sebagai seorang Project Manager mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Tapi juga perlu keahlian khusus dan ilmu yang dalam terkait dengan Project Management. Dampak dari perkembangan teknologi saat ini juga mendukung pekerjaan sebagai Project Manager, dimana terdapat banyak program pendukung dalam perencanaan dan pengalokasian kegiatan yang akan dilakukan. Namun, tetap memerlukan pengetahuan yang baik mengenai Project Management dalam menganalisa dan mempertimbangkan kegiatan yang menjadi prioritas perusahaan sehingga dapat dengan tepat mengalokasikan biaya dan waktu pengerjaan dan juga mengukur standar dari tingkat kualitas yang diharapkan atas hasil dari kegiatan tersebut.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close