People Innovation Excellence

SHOPPING HABITS: WOMEN VS MEN

Oleh: Rita, SE, M.Si. (Faculty Member of International Marketing)

Ternyata wanita dan pria mempunyai pendapat yang berbeda tentang siapa yang akan menemani mereka ketika berbelanja. Tidak mengherankan karena secara umum, perbedaan wanita dan pria memang berbeda dalam banyak hal. Dari merespon suatu kejadian, cara berkomunikasi, cara menyelesaikan suatu masalah sampai urusan belanja.

Danielle Pinnington dari perusahaan riset Shoppercentric di Inggris menyatakan, berdasarkan hasil penelitian para pria mengaku suka belanja. Mereka tidak suka jika terlalu banyak pilihan, mereka tidak suka mencoba-coba. Mereka lebih suka langsung memilih sesuai kebutuhan. Kebiasaan ini berbeda dengan wanita yang cenderung senang bila lebih banyak pilihan, senang banyak mencoba, dan senang melihat produk lain yang tidak ada dalam rencana belanja mereka.

man woman

Ada lima perbedaan kebiasaan belanja antara wanita dan pria :

1. Lama Belanja

Pria hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk menyelesaikan kebutuhan mereka. Sementara wanita minimal dua jam dan maksimal bisa dari pagi sampai malam, tergantung rasa bosan. Rasa bosan ini bisa disebabkan karena barang yang dicari tidak ada atau terlalu banyak pilihan dan membuat terlalu lama bingung dalam mengambil keputusan.

2. Teman Belanja

Wanita cenderung memilih belanja bersama teman-temannya, sementara pria lebih suka berbelanja sendiri. Bersama teman, wanita seperti punya ‘pengawas’  yang akan menyeleksi barang yang akan mereka beli, saling berbagi pendapat dan itu membuat rasa percaya diri mereka bertambah. Pria tidak butuh teman karena sudah merasa yakin apa barang yang akan mereka beli seusai budget mereka.

3. Produk Yang Dibeli

Menurut Stephen J Hoch, Marketing Wharton Toronto, pria cenderung membeli barang yang mendukung kegiatan sehari-hari dan hobi atau pengisi waktu luangnya. Sementara wanita lebih suka membeli barang simbolis yang berkaitan dengan aspek penampilan dan emosional.

4. Arti Belanja

Belanja itu adalah sebuah rekreasi buat wanita. Wanita sangat menikmati saat window shopping, melihat produk sepatu berjejer, mencoba aksesoris, mencoba wangi parfum, memadukan atasan dan bawahan, bertanya banyak hal soal produk baru pada pramuniaga, masuk ke toko satu per satu dengan rasa ingin tahu yang menyenangkan. Wanita juga belum tentu membeli sesuatu yang awalnya direncanakan. Sebaliknya, belanja buat pria adalah sebuah misi. Misi mereka sudah jelas, misalnya misi membeli sepatu. Saat ke mall, mereka langsung menuju toko sepatu, memilih, membeli. Begitu misi selesai mereka pun pulang karena ingin melakukan kegiatan lain.

shoes

5. Keputusan Membeli

Pria akan membeli produk berdasar kegunaannya, sementara wanita lebih banyak pertimbangan.

Setelah kita tahu perbedaan kebiasaan belanja antara wanita dan pria, semoga kita semakin paham saat berbelanja baik bersama teman wanita atau pria. Happy Shopping (Berbagai Sumber).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close