People Innovation Excellence

How to Start F&B Business

Dapat dilihat dewasa ini bisnis food and beverage (f&b) menjamur. Berbagai restaurant, catering, snack bar bahkan coffee shop timbul tenggelam. Restoran berbagai menu lezat tentu sangat mudah dijumpai, namun restoran yang menyajikan inovasi unik tidak selalu mudah untuk ditemui. BINUSIANS pastinya tidak asing dengan Sunny Side Up, restoran yang menyediakan makanan dan minuman lezat dengan bahan dasar mengandung telur. Vanessa Ariesca Setiawan sebagai founder Sunny Side Up mengatakan bahwa sebelum memulai bisnis f&b ada delapan langkah yang perlu diperhatikan:

  1. Settle Up The Product Menu

Untuk membuat menu yang akan disajikan, jangan hanya mengikuti trend yang sedang marak saat ini karena biasanya tidak akan bertahan lama. Masing-masing trend memiliki masa jayanya. Tentukan fokus menu bisnis yang akan dijalani, apakah mau berfokus hanya di makanan pembuka, main course, dessert atau lainnya.

  1. Where to Purchase The Ingredients

Bahan baku yang baik tentunya juga menjadi kunci dasar kualitas cita rasa makanan dan minuman yang ditawarkan. Maka sangat perlu ditentukannya apakah bahan baku yang dibutuhkan akan diproduksi sendiri atau mengambil dari retailer dan supplier. Atur supaya bahan baku tidak tertahan di supplier. Apabila bahan baku yang digunakan harus diimport, perhitungan cost, sistem pembayaran dan pengiriman harus benar-benar diperhatikan.

  1. Analyze The Market

Analisa dulu segmentasi pasar apa yang akan kita masuki. Setelah menemukan sasaran yang tepat, analisa apakah harga produk kita sudah sesuai dengan market yang dituju. Hal ini dapat diperkuat dan didukung dengan diadakannya tes pasar, tidak perlu besar, hanya untuk melihat apakah produk dapat diterima oleh pasar.

  1. Find A Good Location

Lokasi dimana bisnis kita akan dijalankan merupakan salah satu komponen penting. Apakah mau menjalankan bisnis di ruko, di mall atau di pasar semua pilihan Anda. Namun harus diingat bahwa “ada harga ada lokasi”, tentunya lokasi strategis akan memakan biaya lebih besar.

  1. Design & Build

Untuk bisnis dibidang f&b, bagian restoran yang paling penting adalah bagian dapur. Kitchen adalah tempat dimana produk utama diproduksi, sehingga kitchen layout, equipment dan untensilnya harus diperhatikan dengan baik. Tata letak dapur haruslah efektif dan efisien. Kitchen equipment tidak ada yang murah, walaupun mahal namun ada nilai investasi di dalamnya. Dining area juga harus diperhatikan karena disanalah customer menikmati produk dan jasa yang diberikan. Berapa kapasitas dan bagaimana desain dining area sangatlah penting. Banyak customer yang melihat bagaimana desainnya terlebih dahulu baru menilai makanan yang disajikan.

  1. Human Resource

Seperti layaknya kitchen dan dining area, staf yang bekerja dan berhubungan dengan pelanggan juga sangatlah penting, seperti kitchen staff dan service staff. Staf di bagian dapur sangat berpengaruh terhadap kualitas produk yang disajikan, sedangkan staff bagian servis berhubungan langsung dengan konsumen dan memberikan impresi penting bagi keberlangsungan restoran. Restoran dapat mengakali nilai UMR yang tinggi dengan penarikan service charge.

  1. Government License

Untuk mendirikan sebuah bisnis, masalah legal sangat penting untuk diperhatikan. Pelajari beberapa keperluan legalitas seperti PIRT, Halal, Ijin pariwisata, NPWP/TDP agar keberlangsungan restoran tidak terhalangi oleh masalah legalitas ini.

  1. Marketing Strategy

Bisnis tidak akan bisa berjalan mulus tanpa adanya bantuan dari bagian pemasaran. Untuk memasarkan bisnis bisa memanfaatkan social media, opening promo atau direct promo. Namun perlu diingat juga pasti ada high season dan low season. Terkadang customer bisa bosan dengan pemberian diskon terus menerus, diusahakan memberikan promo saat low season saja.

Ternyata 8 rahasia inilah yang membuat Vanessa Ariesca Setiawan sukses menjalankan bisnis f&b Sunny Side Up. Bagaimana dengan BINUSIANS ? apakah tertarik untuk mencobanya ?


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close