People Innovation Excellence

Adopsi Teknologi E-Wallet oleh Konsumen (Studi Kasus pada Rekening Ponsel CIMB Niaga) – Part 2

Oleh: Yesy Limonica, SE (Alumni of International Marketing)

rekponMenyambung artikel Adopsi Teknologi E-Wallet oleh Konsumen (Studi Kasus pada Rekening Ponsel CIMB Niaga), menurut Moore (2014), terdapat Techcnology Adpotion Life Cycle di dalam dunia marketing. TALC ini akan selalu dihadapi oleh setiap perusahaan dalam meluncurkan produknya yang bersifat teknologi informasi. Dalam TALC ini dinyatakan bahwa setiap teknologi memiliki siklus hidup yang selalu akan dihadapi oleh teknologi itu sendiri. Tetapi di dalam TALC ini ditemukan bahwa adanya sebuah chasm yang membuat teknologi baru susah untuk berkembang dan mengakibatkan banyaknya perusahaan yang jatuh karena tidak bisa menghadapi chasm yang dialaminya. Masalah ini pun dialami oleh bank CIMB Niaga yang sedang meluncurkan program terbarunya yakni rekening ponsel.

Penulis melakukan penentuan faktor-faktor yang menyebabkan chasm terjadi pada proses adopsi rekening ponsel CIMB Niaga dilakukan dengan metode Content Analysis dengan cara melakukan In-Depth Interview kepada 10 orang yang notabene berumur 20-24 tahun yang tersebar di Jakarta yang diambil secara acak. Dan telah disimpulkan dari hasil In-Depth Interview yaitu terdapat 11 faktor yang menyebabkan chasm terjadi pada proses adopsi rekening ponsel CIMB Niaga. Berikut adalah 11 faktor tersebut :

Faktor Ke- Variabel Indikator Contoh Pernyataan
1 Kemudahan Mudah untuk dipelajari “Saya berminat menggunakan rekening ponsel karena sepertinya mudah untuk dipelajari”
Mudah untuk digunakan “Saya berminat menggunakan rekening ponsel karena sepertinya mudah untuk digunakan”
2 Keamanan Kerahasiaan informasi “Kerahasiaan informasi merupakan hal yang penting bagi saya ketika menggunakan rekening ponsel”
Sistem keamanan “Sistem keamanan rekening ponsel yang terjamin merupakan pertimbangan penting bagi saya”
3 Resiko Resiko pencurian uang “Saya takut akan resiko uang dalam rekening ponsel dapat dicuri pihak lain”
Resiko penyalahgunaan “Saya takut akan resiko akun rekening ponsel disalahgunakan”
4 Keuntungan Tidak perlu membawa uang tunai “Yang saya suka dari rekening ponsel adalah tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak”
Menghemat waktu “Kelebihan rekening ponsel adalah bisa menghemat waktu”
5 System Support Signal ponsel yang kurang mendukung “Signal ponsel yang kurang mendukung menjadi keraguan saya untuk menggunakan rekening ponsel”
Signal mesin EDC yang kurang mendukung “Saya masih ragu dengan signal mesin EDC (Electronic Data Capture) milik penjual yang kurang mendukung pembayaran dengan rekening ponsel”
6 Aplikasi Kecepatan aplikasi Go-Mobile “Kecepatan aplikasi Go-Mobile untuk mengakses rekening ponsel merupakan hal yang penting bagi saya”
Kemudahan log in Go-Mobile “Kemudahan log in pada Go-Mobile mempengaruhi pertimbangan saya untuk menggunakan rekening ponsel”
7 Transaksi Proses transaksi lebih mudah “Transaksi menggunakan rekening ponsel menurut saya sangat memudahkan”
Prosen transaksi lebih cepat “Transaksi menggunakan rekening ponsel menurut saya sangat cepat”
8 Informasi Informasi yang cukup mengenai rekening ponsel “Saya mempertimbangkan untuk menggunakan rekening ponsel bila saya mendapat informasi yang cukup mengenai rekening ponsel”
Informasi mengenai tenant (penjual) yang bekerja sama dengan rekening ponsel “Informasi mengenai tenant (penjual) yang bekerja sama dengan rekening ponsel penting bagi saya dalam memutuskan untuk menggunakan rekening ponsel”
9 Familiarity Pertimbangan untuk menggunakan rekening ponsel jika sudah biasa digunakan oleh orang lain “Saya mempertimbangkan untuk menggunakan rekening ponsel karena sudah biasa digunakan oleh orang lain”
Pertimbangan untuk menggunakan rekening ponsel bila tenant yang menyediakan opsi pembayaran dengan rekening ponsel sudah cukup banyak “Saya mau menggunakan rekening ponsel bila tenant yg menyediakan opsi pembayaran dengan rekening ponsel sudah cukup banyak”
10 Inovasi Teknologi Teknologi yang ditawarkan rekening ponsel sangat menarik “Menurut saya, teknologi yang ditawarkan rekening ponsel sangat menarik”
Inovasi terbaru dalam cahsless banking “Rekening ponsel merupakan inovasi baru dalam cashless banking”
11 Promo Berminat untuk menggunakan rekening ponsel jika banyak promo yang ditawarkan “Banyaknya promo-promo yang ditawarkan mempengaruhi minat saya untuk mau menggunakan rekening ponsel”
Berminat untuk menggunakan rekening ponsel jika banyak tenant (penjual) yang memberikan diskon untuk pembayaran dengan rekening ponsel “Saya mau menggunakan rekening ponsel jika banyak tenant (penjual) yang memberikan diskon untuk pembayaran dengan rekening ponsel”

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close