People Innovation Excellence

Adopsi Teknologi E-Wallet oleh Konsumen (Studi Kasus pada Rekening Ponsel CIMB Niaga)

Oleh: Yesy Limonica, SE (Alumni of International Marketing)

Teknologi informasi dan komunikasi pada zaman ini telah berkembang pesat dan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya penemuan-penemuan baru dalam perkembangan teknologi untuk mempermudah aktivitas manusia telah menyebabkan perubahan pada pola hidup manusia di berbagai bidang. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini adalah maraknya penggunaan telepon selular atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan handphone. Tidak dapat dipungkiri lagi, dengan adanya perkembangan teknologi yang canggih segalanya menjadi mudah dan sederhana. Sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan semakin modern, maka komunikasi yang mudah, efektif dan efisien semakin dibutuhkan dalam kegiatan bisnis. Pentingnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia bisnis tidak dapat diragukan lagi, karena teknologi tersebut digunakan sebagai faktor pendukung kegiatan operasional perusahaan.

Perkembangan teknologi ini dimanfaatkan oleh industri perbankan untuk menyediakan sarana transaksi keuangan maupun non keuangan secara online melalui mobile phone. Secara umum, bank mempunyai fungsi sebagai perantara keuangan (financial intermediary) dalam masyarakat. Untuk memperluas jaringan layanan dan meningkatkan kepuasan nasabah, bank mulai meningkatkan layanan dan kepuasan nasabah untuk bertransaksi. Layanan yang digunakan dan dikembangkan oleh industri perbankan adalah dengan adanya internet banking yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan melalui media internet, hingga layanan M-banking yang berbasis sms melalui handphone. Namun kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan ingin selalu cepat, aman dan efisien membuat industri perbankan semakin memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sebagai acuan untuk memberikan layanan yang baru dan semakin mudah untuk digunakan. Oleh karena itu, hal ini sangat dimanfaatkan oleh bank CIMB Niaga yang mengembangkan teknologi dan informasi melalui layanan terbaru yaitu rekening ponsel.

Rekening Ponsel merupakan produk dengan layanan yang memberikan jasa finansial ke seluruh lapisan masyarakat bahkan yang tidak memiliki rekening bank sekalipun. Rekening Ponsel memperlakukan ponsel seperti rekening tabungan, sehingga dapat melakukan transaksi perbankan tanpa harus menjadi nasabah bank manapun. Layanan ini berbasis teknologi selular yang memberikan kemudahan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan. Dengan menggunakan Rekening Ponsel, memungkinkan nasabah untuk mentransfer uang ke nomor ponsel dari seluruh operator ponsel yang ada di Indonesia, menggunakan jenis ponsel apapun dan yang paling utama adalah tidak memerlukan kartu ATM dan rekening bank. Dengan adanya layanan tersebut, transaksi perbankan yang biasanya dilakukan secara manual, kini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi bank tempat mereka menjadi nasabah. Fitur yang sangat memudahkan nasabah ini, ditawarkan oleh CIMB Niaga dalam rangka mengusung slogan branchless banking dan program Bank Indonesia yaitu Inklusi Finansial.

Manfaat dan kemudahan yang diberikan layanan rekening ponsel tentunya akan meningkatkan loyalitas nasabah terhadap bank. Dengan meningkatkan loyalitas nasabah akan mendorong peningkatan kinerja keuangan perbankan yang ditunjukkan dengan meningkatnya pendapatan dan penurunan biaya operasional. Meskipun semua manfaat yang tersedia sudah banyak, tetapi nasabah masih enggan untuk menggunakan rekening ponsel, karena sebagian besar nasabah sudah merasa nyaman dengan layanan yang ada.

Penulis melakukan survei kepada 65 responden yang notabene berumur 20-24 tahun. Dari riset yang telah dilakukan, penulis mendapatkan hasil bahwa terdapat 25 responden yang tidak mengetahui apa itu rekening ponsel, 40 responden yang mengetahui rekening ponsel dan 9 dari 40 responden yang mengetahui Rekening Ponsel telah menggunakan Rekening Ponsel.

pretest

Hasil Survei Penulis (2016)

Dari chart diatas dapat disimpulkan bahwa masih sedikit orang yang menggunakan layanan rekening ponsel padahal mayoritas orang mengetahui tentang layanan rekening ponsel. Membuktikan bahwa rekening ponsel masih berada pada early market dan belum menyentuh mainstream market.

(bersambung ke http://sbm.binus.ac.id/2016/10/10/adopsi-teknologi…imb-niaga-part-2/ )‎

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close