People Innovation Excellence

SIKAP KONSUMEN TERHADAP MOBILE BANKING (Part 2)

Oleh: Yesy Limonica, SE (Alumni of International Marketing)

Menyambung artikel sebelumnya, Sikap Konsumen terhadap Mobile Banking, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi sikap konsumen pada penggunaan mobile banking. Kuek dan Lai (2007) dalam penelitiannya menginventarisir enam faktor yang mempengaruhi sikap konsumen pada mobile banking yaitu:

  1. Keamanan sistem mobile banking.

Keamanan dalam sistem transaksi keuangan melalui sistem online merupakan faktor utama yang menjadi prioritas bagi nasabah untuk menggunakan jasa layanan mobile banking. Nasabah menuntut kepada pihak penyedia jasa layanan mobile banking untuk dapat memberikan atau menjamin keamanan transaksi keuangan melalui media mobile banking.

  1. Kemudahan suatu website untuk diakses.

Kemudahan untuk mengakses sistem layanan secara online melalui media mobile banking merupakan salah satu faktor yang menentukan kesediaan nasabah untuk menggunakan jasa layanan mobile banking. Semakin mudah konsumen dalam mengakses situs atau website perusahaan jasa layanan perbankan secara mobile akan meningkatkan sikap konsumen pada jasa layanan perusahaan.

  1. Privasi pengguna.

Dalam sistem layanan perbankan / transaksi keuangan secara mobile, nasabah menginginkan privasi yang tinggi. Nasabah tidak mau data dirinya diketahui atau disebarkan dengan sengaja oleh perusahaan. Oleh sebab itu, privasi pengguna merupakan salah satu faktor yang menentukan bagi nasabah untuk mengggunakan jasa layanan mobile banking.

  1. Kehandalan layanan (layanan 24 jam).

Transaksi keuangan secara mobile memiliki keunggulan tanpa batas waktu. Perusahaan yang mampu memberikan layanan tanpa batas waktu (24 jam sehari) akan lebih diminati nasabah.

  1. Kredibilitas perusahaan jasa layanan perbankan.

Salah satu faktor yang menentukan nasabah untuk menggunakan jasa layanan perbankan (mobile banking) adalah kredibilitas perusahaan penyedia jasa layanan mobile banking. Perusahaan dengan tingkat kredibilitas yang tinggi lebih diminati nasabah untuk digunakan jasa layanan mobile banking-nya.

  1. Kecepatan koneksi jaringan.

Konsumen atau nasabah dewasa ini memiliki kebutuhan/tuntutan yang lebih kompleks pada penyedia jasa layanan perbankan secara mobile. Salah satu aspek yang harus dipenuhi adalah kecepatan koneksi dalam sistem perbankan secara mobile.

m baniking

Setelah konsumen atau nasabah bersedia mengadopsi atau menggunakan jasa layanan mobile banking, tahap selanjutnya adalah konsumen akan memanage kebutuhan mereka pada jasa layanan mobile banking tersebut. Kuek dan Lai (2007) dalam penelitiannya mengukur managing mobile banking dengan menggunakan empat dimensi yaitu:

  1. Pengetahuan tentang mobile banking.

Pilihan konsumen pada suatu perusahaan penyedia jasa layanan mobile banking salah satunya ditentukan oleh pengetahuan konsumen atau nasabah pada perusahaan. Berdasarkan hal tersebut maka konsumen atau nasabah akan mencari informasi dengan lebih banyak mengenai perusahaan-perusahaan penyedia jasa layanan mobile banking.

  1. Pencarian informasi lebih jauh mengenai manfaat mobile banking.

Saat hendak menggunakan jasa layanan mobile banking, konsumen atau nasabah akan mencari lebih banyak mengenai manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan jasa layanan mobile banking.

  1. Menentukan seberapa sering konsumen menggunakan jasa layanan mobile banking.

Manfaat yang dirasakan konsumen atau nasabah dalam penggunaan sistem jasa layanan perbankan melalui media mobile banking akan menentukan frekeunsi penggunaan mobile banking dalam sistem transaksi keuangan nasabah. Hal ini menunjukkan semakin banyak manfaat yang dapat diperoleh nasabah dalam menggunakan mobile banking akan meningkatkan frekuensi penggunaan jasa layanan mobile banking.

  1. Kemungkinan merekomendasikan jasa layanan mobile banking kepada orang lain.

Setelah menggunakan jasa layanan mobile banking, konsumen akan melakukan evaluasi. Saat konsumen puas dengan penggunaan jasa layanan mobile banking, konsumen cenderung akan menggunakannya kembali dan bahka bersedia dengan suka rela untuk merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan jasa layanan mobile banking dari perusahaan jasa layanan perbankan yang sama.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close