People Innovation Excellence

Sikap Konsumen terhadap Mobile Banking

Oleh: Yesy Limonica, SE (Alumni of International Marketing)

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, banyak bank di Indonesia yang meluncurkan layanan digital banking, baik itu internet banking ataupun mobile banking. Digital banking itu sendiri merupakan sebuah penciptaan layanan dan interaksi dari ujung ke ujung untuk para konsumen digital yang secara mulus memperlebar channel. Generasi pelanggan digital banking di seluruh Asia akan mengalami peningkatan, dimana konsumen akan berkeinginan untuk mengelola keuangan mereka dan melakukan pembayaran melalui mobile dan online channels, kapan saja dan di mana saja (McKinsey & Company 2014).

Menurut McKinsey (2011), pelanggan jasa keuangan mulai lebih sering menggunakan komputer, smartphone, atau komputer tablet ketika memanfaatkan layanan perbankan. Pengguna digital banking di negara-negara berkembang Asia – termasuk Indonesia – di tahun 2011 hanya mencapai 10% saja dari total responden. Namun angka tersebut tumbuh lebih dari 3 kali lipat di tahun 2014. Bahkan kanal banking melalui perangkat smartphone mengalami pertumbuhan sebesar 5,2 kali lipat.

Sikap Terhadap Mobile Banking

Sikap terhadap perilaku merupakan perasaan positif atau negatif seseorang untuk melakukan perilaku tertentu (Davis, 1989). MC Lee (2008) menyatakan bahwa sikap (attitude) mengacu pada persepsi individu itu sendiri, baik menguntungkan atau tidak menguntungkan terhadap perilaku tertentu. Dengan kata lain, sikap seseorang juga dapat dilihat dari kepercayaan seseorang untuk mau menggunakan sebuah sistem. Dalam menggunakan mobile banking, kepercayaan pengguna mobile banking dapat ditunjukkan melalui persepsi kegunaan maupun persepsi kemudahan penggunaan. Perasaan yang positif akan menunjukkan seberapa besar sebuah teknologi sistem informasi tersebut menguntungkan bagi seseorang. Apabila sebuah teknologi sistem informasi dirasa menguntungkan bagi penggunanya, perasaan positif yang ditimbulkan juga semakin besar. Dalam penelitian ini, perasaan positif pengguna mobile banking ditunjukkan oleh perasaan suka seseorang terhadap keuntungan yang diberikan mobile banking. Menurut Kriestian dan Tanggulungan (2010), sikap penggunaan penilaian umum individu terhadap keyakinan kognitif yang dibangun atas atribut-atribut yang melekat pada teknologi. Sikap yaitu evaluasi dalam waktu lama tentang yang disukai atau tidak disukai seseorang, perasaan emosional, dan kecenderungan tindakan terhadap beberapa objek atau ide (Kotler dan Keller, 2009). Bahwa sikap pengguna secara keseluruhan dalam menggunakan teknologi dan informasi merupakan faktor utama yang menentukan apakah seseorang menggunakan sistem tersebut. Sikap merupakan perasaan yang timbul pada seseorang saat melakukan suatu perilaku, bisa berupa perasaan yang positif maupun negatif. Bahwa sikap penggunaan dikonsepkan sebagai sikap terhadap penggunaan sistem yang berbentuk penerimaan atau penolakan sebagai akibat dari bila mana seseorang menggunakan suatu teknologi dalam pekerjaannya.

iStock_000020116770Medium_mobilebanking

 Variabel Sikap terhadap Mobile Banking

Amijaya (2010) menyatakan bahwa sikap penggunaan dapat dibedakan mejadi sikap suka atau tidak suka terhadap suatu sistem. Sikap suka atau tidak suka terhadap suatu sistem ini dapat digunakan untuk memprediksi perilaku seseorang untuk menggunakan suatu sistem atau tidak menggunakannya. Peneliti lain menyatakan bahwa faktor sikap penggunaan sebagai salah satu aspek yang mempengaruhi perilaku individual. Sikap seseorang terdiri atas unsur kognitif atau cara pandang, afektif, dan komponen-komponen yang berkaitan dengan perilaku. Perilaku individu akan didorong oleh motivasi untuk memperoleh sesuatu (Adiwibowo, 2008). Rahadi (2007) menjelaskan tentang faktor sikap sebagai salah satu aspek yang mempengaruhi perilaku individual. Sikap seseorang terdiri atas komponen kognisi, afeksi, dan komponen-komponen yang berkaitan dengan perilaku. Rahadi (2007) menjelaskan bahwa sikap adalah perasaan seseorang positif atau negatif dalam hal menentukan perilaku tertentu. Sikap terdiri dari kepercayaan bahwa seseorang terakumulasi selama masa hidupnya. Beberapa keyakinan tersebut terbentuk dari pengalaman langsung, beberapa informasi dari luar ataupun dari kesimpulan yang dihasilkan oleh diri sendiri. Sikap seseorang terhadap suatu objek adalah suatu fungsi dari keyakinannya tentang objek itu dan merupakan respon penilaian yang evaluatif terkait dengan keyakinannya. Selanjutnya sikap dioperasionalkan berdasarkan faktor yang membentuk sikap, yaitu (Rahadi, 2007):

  1. Belief, yaitu keyakinan bahwa perilaku tertentu menimbulkan hasil-hasil tertentu, meliputi; nasabah yakin bahwa penggunaan mobile banking memudahkan proses transaksi, nasabah yakin bahwa pengunaan mobile banking mempercepat transaksi, nasabah yakin bahwa penggunaan mobile banking akan menghemat waktu transaksi.
  2. Evaluasi, yaitu nasabah berpendapat bahwa penggunaan mobile banking adalah menyenangkan, nasabah berpendapat bahwa penggunaan mobile banking adalah nyaman, nasabah berpendapat bahwa penggunaan mobile banking adalah menguntungkan.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close