People Innovation Excellence

COFFEEPRENEUR

Kopi merupakan salah satu jenis minuman terfavorit dan pasti selalu terdapat dalam buku menu mulai dari restoran papan atas hingga warung kaki lima. Kopi memiliki cita rasa yang unik dan menggoda lidah saat dicicipi. Rasa kopi asli yang sudah begitu nikmat, ditambah dengan berbagai inovasi yang membuat varian kopi semakin banyak dan digemari berbagai kalangan. Beberapa varian yang populer diantaranya adalah Cappuccino, Latte, Mochacinno, Frappe, Espresso, Frappuccino dan Macchiato Pecinta kopi ternyata tidak hanya berasal dari kaum Adam, namun juga oleh kaum Hawa. Kaum Hawa percaya bahwa selain memiliki cita rasa yang nikmat, kopi juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Namun disamping itu, kopi juga mengandung kafein yang dapat membuat penikmatnya ketagihan.

Indonesia termasuk dalam 10 besar negara penghasil kopi di Indonesia, hal ini tidak dapat dipungkiri apabila melihat keakraban masyarakat Indonesia dengan berbagai jenis kopi yang ada. Dewasa ini, tradisi minum kopi tidak harus di dalam rumah, namun sudah bergeser kearah kafe yang menawarkan berbagai varian kopi tersebut. Apabila ingin memulai bisnis di bidang kuliner, memulai bisnis Coffee-shop dapat menjadi peluang yang baik karena terhitung mudah dijalankan mengingat sumber daya alam yang mudah ditemui di Indonesia dan ketertarikan masyarakat terhadap minuman tersebut sehingga kopi sudah menjadi trend atau gaya hidup masyarakat Indonesia. Dapat dilihat coffee-shop sekarang tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati nikmatnya secangkir kopi, namun juga dijadikan tempat nongkrong oleh anak muda hingga remaja dan dewasa.

Untuk membangun bisnis coffee­-shop ini ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar coffee-shop yang dibangun dapat sustainable dan sukses. Pertama tentunya harus memperhatikan berapa modal yang dimiliki untuk memulai bisnis ini. Budget sangat berpengaruh terhadap jenis coffee-shop apa yang akan dimulai. Kedua, tentunya harus mengetahui tujuan mengapa ingin memulai bisnis ini, setelah tau apa tujuannya barulah dapat menetapkan target pasar yang ingin disasar. Ketiga, tentunya pemilihan lokasi yang strategis dengan target pasar yang disasar. Keempat adalah konsep untuk coffee-shop Anda. Buatlah sebuah konsep coffee-shop yang unik dan sesuai dengan segmen pasar sasaran. Kenyamanan konsumen saat menghabiskan waktunya di coffee-shop merupakan hal penting untuk mengundang kembali pelanggan Anda. Kelima, pemasaran coffee-shop juga harus diperhatikan dengan baik. Siapkanlah budget untuk melakukan gebrakan awal untuk mengundang konsumen datang ke coffee-shop yang baru dibuka. Namun perlu diingat, pemasaran yang baik tidak selalu memberikan diskon kepada pelanggan. Ikut serta dalam berbagai acara atau bahkan membuat suatu event unik juga dapat digunakan sebagai cara memasarkan bisnis kita. Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, cita rasa menu yang disajikan baik minuman maupun makanan haruslah dapat memenuhi keinginan dan ekspektasi pelanggan. Lakukanlah beberapa penelitian kecil untuk mengetahui preferensi konsumen sehingga dapat memanjakan lidah konsumen dan membuat mereka tidak mudah lupa dengan cita rasa yang ditawarkan dan tentunya bersedia menjadi pelanggan setia.

Dalam membangun bisnis pastilah tidak akan lepas dari hambatan yang menghalang. Salah satu hambatan yang pasti akan ditemui adalah banyaknya pesaing. Pesaing dapat diatasi asalkan kita memiliki inovasi dalam menu dan konsep, serta strategi pemasaran yang unik untuk membuat coffee-shop yang kita dirikan lebih diminati dan menjadi prioritas bagi pecinta kopi. Hambatan kedua yang pasti akan ditemui dalam bisnis food and beverage adalah risiko tidak habis terjualnya menu yang mungkin tidak bisa bertahan lama sehingga menimbulkan kerugian. Untuk memimalisasi kerugian ini, diperlukannya perencanaan persediaan yang realistis dan matang. Hambatan ketiga yang akan ditemui adalah harga bahan baku yang relatif mahal. Dalam mengatasi hambatan ini, diperlukan untuk memperhatikan persediaan optimal dan mencari pemasok yang tentunya sesuai dengan Anda dari sisi kualitas bahan baku dan harga bahan baku yang ditawarkan.

Bagaimana BINUSIANS? apakah tertarik untuk menjadi salah satu Coffee Entrepreneur?


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close