People Innovation Excellence

ADVERTISING AVOIDENCE, WHAT AND WHY? (1)

Oleh: Nisa Noviyana (Student of International Marketing) and Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Hingga saat ini televise masih menjadi primadona media elektronik dikalangan masyarakat, sebanyak 95% masyarakat Indonesia memilih menggunakan televisi dibandingkan internet, majalah, surat kabar, radio, dan tabloid.Tidak heran terdapat persaingan yang ketat antar industry pertelevisian di Indonesia, mereka saling berlomba-lomba dalam menciptakan tayangan program yang menarik meraih rating dan share yang tinggi. Saat ini di Indonesia terdapat15 stasiun televisi yang resmi mengudara secara nasional, yaitu TVRI, RCTI, Global TV, MNC TV, iNews, SCTV, Indosiar, ANTV, TV One, Metro TV, Trans 7, Trans TV, RTV, Kompas TV, dan NET. yang menyuguhkan genre program beraneka ragam, mulai dari berita, olahraga, sinetron, hingga talkshow.

Sebagai stasiun televisi pilihan remaja, NET. Berhasil mengungguli tiga stasiun televisi seumurannya, yaitu  RTV dan Kompas TV dengan pendapatan rating 0,4 dengan genre program yang paling banyak diminati adalah talkshow, yaitu merupakan format program acara temu wicara dimana pembawa acara melakukan diskusi interaktif tanya jawab dengan narasumber, narasumber dapat ditentukan dari berbagai macam latar belakang, seperti public figure, komunitas, tokoh agama, dan sebagainya. Terdapat tiga program talkshow yang ditayangkan oleh NET. , yaitu IniTalkshow, Tonight Show, dan Sarah Sechan yang dikemas secara menarik dengan mengandung unsure humoris didalamnya.

Dalam penayangan program acara televisi tidak terlepas dari adanya jeda iklan komersial, dimana biasanya 30% dari jumlah durasi tayangan programnya, banyak pemirsa yang merasa terganggu dengan adanya iklan komersial ditengah-tengah tayangan, maka dari itu tidak jarang dari mereka yang melakukan penghindaran iklan (advertising avoidance) sehingga mengakibatkan penurunan rating karena adanya perbedaan jumlah pemirsa yang menonton tayangan program dengan jumlah pemirsa yang menonton tayangan iklan. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya advertising avoidance antara lain:

  1. Durasi jeda iklan yang lamatv
  2. Iklan yang diulang-ulang
  3. Rendahnya minat pemirsa terhadap produk iklan
  4. Ingin menonton program acara stasiun tv lainnya
  5. Adanya teman atau keluarga disekitar
  6. Tidak ada informasi yang berguna

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close