People Innovation Excellence

ADVERTISING AVOIDENCE, WHAT AND WHY?(2)

Oleh: Nisa Noviyana (Student of International Marketing) and Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Terdapat tiga kategori perilaku upaya penghindaran iklan yang dilakukan oleh pemirsa atau avoidance behaviour, yaitu:

  • Fisik: meninggalkan ruangan
  • Kognitif: melakukan aktivitas lain
  • Mekanis: mengganti saluran TV (zapping)

avoid
Grafik diatas menggambarkan bahwa durasi dan zapping memiliki hubungan berbanding lurus, yakni semakin lama durasi jeda iklan maka semakin besar kemungkinan pemirsa melakukan zapping yang didukung dengan adanya remote control.Oleh karena itu durasi jeda iklan berpengaruh besar atas terjadinya zapping yang dilakukan oleh pemirsa, untuk meminimalisir adanya zapping maka stasiun tv NET. hanya menayangkan jeda iklan berdurasi tiga menit yang tentunya lebih singkat dibandingkan stasiun tv lainnya yang berdurasi lima sampai tujuh menit. Namun meskipun dapat meminimalkan zapping, tetapi tidak semua pemirsa setia menonton iklan yang ditayangkan, karena pada dasarnya terdapat tiga kategori avoidance behaviour. Pemirsa yang tidak melakukan zapping, dapat melakukan avoidance behavior secara fisik (meninggalkan ruangan) dan kognitif (melakukan aktivitas lain, seperti membaca, bermain hp, dan mengobrol).

Perusahaan TV seharusnya tidak hanya fokus pada format dan konten program acara saja, namun juga diperlukan strategi dalam penayangan jeda iklan komersial. Bagaimana tasiun tv dapat menciptakan tayangan iklan komersial yang dapat ditonton masyarakat, sehingga rating progam stabil dan menciptakan peluang besar untuk pengiklan (advertiser) dalam beriklan pada stasiun TV tersebut.

Sumber:

http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/nielsen-konsumsi-media-lebih-tinggi-di-luar-jawa.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_stasiun_televisi_di_Indonesia

http://marketeers.com/iklan-tiga-menit-bukan-berarti-net-tv-tidak-laku/

Majalahremaja Hai Online, Rabu 8 April 2015.

AVOIDANCE BEHAVIOUR OF AUDIENCE TOWARDS TELEVISION ADVERTISEMENT, Asia Pacific Journal of Marketing & Management Review Vol.1 No. 2, October 2011.

To Zap or Not to Zap: HOW TO INSERT THE BRAND IN TV COMMERCIALS TO MINIMIZE AVOIDANCE, New Strategy / Vol. 4, No. 1, 2012, pp. 14 – 23.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close