People Innovation Excellence

BEST PRACTICE: DIFFERENTIATION (Studi Kasus: Martabak dan Restoran Kekinian)

Oleh: Gracely Jennifer & Clairine Janery (Student of International Marketing), Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Differentiation is one of the most important strategic and tactical activities in which companies must constantly engage” (Theodore Levitt, Harvard  Business School), kutipan pernyataan  ini cukup menjelaskan betapa pentingnya memiliki sebuah “pembeda” bagi sebuah perusahaan dan brandnya, ditengah-tengah gempuran produk-produk sejenis di pasar, menjadikan pembeda sebuah syarat penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk bisa stand out di tengah hiruk pikuknya pasar.

Martabak dan Restoran Kekinian, menjadi dua hal yang menarik utk diadikan best practice tentang pentingnya memiliki Differentiation, memiliki pembeda dengan yang lain. Kemudian, mengapa Martabak dan Restoran Kekinian? Karena yang “kekinian” saat ini sedang menjamur dimana-mana khususnya dikalangan anak muda, kata “kekinian” saja merupakan bahasa anak muda  “kekinian”, jaman sekarang dan sedang “in”. Persis seperti prilaku anak muda masa kini, yang ingin serba “kekinian”, mencoba hal baru dan sering kali terjangkit virus “FOMO” (Fear of Missing Out. Keinginan untuk mencoba hal baru dilirik oleh pelaku bisnis yang kemudian belakangan seringkali berinovasi dengan produk-produknya.

Untuk menarik konsumen membeli martabak, pengusaha martabak  harus membuat martabak yang kekinian, salah satu syarat kekinian adalah berbeda dengan yang lain. Kalau yang sudah lazim martabak itu asin dengan bahan dasar telur ataupun manis dengan toping meses, kacang dan keju, sekarang pengusaha martabak memiliki terobosan-terobosan baru untuk martabaknya.

Sebut saja brand martabak yang sedang “in” di Jakarta, yang berbeda dengan brand yang lain, seperti : Martabak Blackpool yang menjual martabak bewarna hitam, Martabak Boss dengan truk bewarna kuningnya. ataupun Martabak Marlous yang menjual martabak dengan versi mini.

Sementara restoran kekinian yang menjadi tujuan utama remaja kekinian menghabiskan malam minggu atau waktu senggangnya, sudah pasti restoran yang berbeda dengan restoran-restoran pada umumnya, sebut saja restoran kekinian itu adalah restoran-restoran yang memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

  • Menu makanan kekinian
  • Desain dan layout ruangan kekinian
  • Environment, vibes dan crowd yang kekinian

#marketingisntaboutselling

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close