People Innovation Excellence

DUA KUNCI SUKSES BISNIS WEDDING ORGANIZER YANG BISA DICOBA

Oleh: Wilyan Adiasari (Student of International Marketing) & Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Tak semua pemain bisnis memikirkan segmentasi untuk bisnisnya. Kebanyakan dari merka secara langsung menentukan target dari bisnis mereka secara acak melalui kacamata bisnis mereka, bukan dari kacamata konsumen. Padahal pada kenyaatannya membuat sebuah segmentasi menjadi kunci penting berjalannya sebuah bisnis. Apalagi bisnis Wedding Organizer, yang merupakan sebuah bisnis high involvement, selain itu bisnis Wedding Organizer merupakan bisnis yang mengelola sebuah momen besar dalam kehidupan seseorang, yang terjadi sekali dalam hidup mereka.

Pada dasarnya, segmentasi adalah membagi konsumen kedalam kelompok-kelompok berdasarkan faktor-faktor tertentu dan juga karakteristik unik konsumen dipasar (Kotler, 2015). Seharusnya dengan karakteristik produk dan layanan yang spesifik, Wedding Organizer perlu memiliki segmentasi yang jelas tentang siapa yang akan dilayani dan berapa budget yang rela mereka keluarkan untuk pesta pernikahan mereka.

Dari beberapa faktor dan karakteristik yang menjadi dasar strategi segmentasi, Wedding Organizer bisa memilih Segmentasi Demografi, yang erat kaitannya dengan kemungkinan budget yang rela mereka keluarkan untuk menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan.

Segmentasi Demografi membagi kelompok konsumen berdasarkan  usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, pendapatan, hingga kemampuan membayar konsumen. Sehingga dari faktor pendapatan dan tingkat pengeluaran, bisa terlihat segmentasinya, dan dari faktor itu pula dapat diketahui berapa kira-kira budget yang rela mereka keluarkan untuk sebuah jasa Wedding Organizer.

#marketingisntallaboutselling

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close