People Innovation Excellence

Studi Awal Tentang Pentingnya Harga bagi Konsumen Wedding Organizer di Blitar

Oleh: Wilyan Adiasari (Student of International Marketing) & Ina Melati, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Blitar merupakan sebuah kota yang dapat dikategorikan sebagai kota kecil dimana jumlah penduduknya hanya berkisar 100.000 jiwa. Akan tetapi sedikitnya jumlah penduduk tersebut tidak menghalagi masyarakatnya untuk membangun bisnis mereka. Salah satu bisnis yang sedang berkembang di Kota Blitar adalah bisnis Wedding Organizer. Ada kurang lebih 10 Wedding Organizer yang ada di Kota Blitar, akan tetapi fakta yang ada, kebanyakan dari pemain bisnis tersebut kurang memahami dengan benar mengenai konsep dari Wedding Organizer itu sendiri. Banyak diantara mereka yang masih menggangap seorang pemain bisnis Wedding Organizer hanya perlu menyediakan sebuah Wedding Package. Bahkan parahnya, seorang perias pengantin saja sudah menyebut dirinya sebagai pemilik bisnis Wedding Organizer.

Dari segi konsumen Wedding Organizer sendiri pun juga cukup beragam. Hingga saat ini pemahaman masyarakat Kota Blitar mengenai Wedding Organizer masih belum 100%. Hal tersebut dikarenakan budaya masyarakat Kota Blitar masih cenderung mengangkat budaya pedesaan yang masih gemar saling membantu antar kerabat atau pun saudara yang sedang memangku hajat pernikahan. Disisi lain, masyarakat Kota Blitar yang sudah paham Wedding Organizer memiliki persepsi yang beragam mengenai Wedding Organizer. Dari penelitian awal yang sudah dilakukan 54,3% berpersepsi bahwa harga jasa Wedding Oragnizer cukup mahal, sementara 45,7% sisanya menganggap mahal.

Sedangkan jika dilihat dari tingkat kebutuhan akan jasa Wedding Organizer 75% dari masyarakat Kota Blitar merasa membutuhkan jasa Wedding Organizer. Sementara 25% sisanya merasa belum memerlukan jasa Wedding Organizer.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas masyarakat Kota Blitar merasa harga Wedding Organizer yang ada saat ini masih mahal, padahal sebenarnya merekamerasamemerlukanjasatersebutketikamerekasedangmengadakan acara pernikahan. Dari faktalapanganini, maka perlu adanya penetapan harga yang pas untuk pasar Wedding Organizer di Kota Blitar. Hal ini dapat diasumsikan masih banyaknya masyarakat yang belum menggunakan jasa Wedding Organizer karena merasa bahwa harga Wedding Organizer mahal. Sehingga perlu adanya penetapan harga yang ideal dari sudut pandang konsumen untuk sebuah jasa Wedding Organizer, agar nantinya calon konsumen Wedding Organizer merasa bahwa harga yang ditawarkan para pebisnis Wedding Organizer di Kota Blitar pas untuk mereka.

#marketingisntallaboutselling

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close