People Innovation Excellence

Data, Bernyanyi Lebih Nyaring Daripada Sekedar Ide Di Kepala

#lifejourney #lifetravel

#unforgettablemomentofcollegelife

#whenididmythesys

“Perusahaan startup terkenal dengan keluwesan kerja dan kebebasan ekspresi. Di sinilah selama enam bulan penuh saya ditantang dalam berbagai projek baru tentang bidang yang sebelumnya asing atau belum pernah saya tahu”

-Eva Rahayu-

Setelah di awal-awal bulan dirasa perform cukup baik, akhirnya CEO perusahaan menyerahkan sebuah projek untuk ditangani. Projek tersebut berkaitan dengan pengadaan barang secara online melalui platform perusahaan.

Sebenarnya layanan ini sudah ada namun tidak terlalu berjalan pada saat saya datang magang. Maka sudah menjadi tugas saya sebagai Business Development dan Business Analyst untuk menghidupkan kembali layanan yang memungkinkan dapat menjadi sumber penghasilan lain dari perusahaan.

Akhirnya beberapa waktu saya mempelajari model bisnis dan alur transaksi dari beberapa referensi, melakukan trial error hingga akhirnya berhasil menyelesaikan projek tersebut. Dalam perjalanannya tentu tidak mudah. Terkadang banyak pandangan berbeda antara saya dan CEO perusahaan perihal fitur projek yang dikerjakan.

Pada suatu kesempatan, CEO saya menegaskan bahwa sebaiknya saya berargumentasi dengan data bukan hanya ide di kepala. Karena mungkin saja hal itu akan berbeda ketika diaplikasikan di lapangan. Masukan tersebut pun menginspirasi saya untuk melanjutkan penelitian secara mendalam terhadap perilaku departemen pengadaan barang yang merupakan subjek projek saya di perusahaan. Sehingga saya bisa memberikan data yang lebih riil dan bukan sekadar argumentasi.

Maka dari itulah saya merancang penelitian yang sekaligus menjadi topik skripsi untuk mendalami perilaku pengadaan barang organisasi; bagaimana cara mereka melakukan pengadaan barang dan kriteria apa saja yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan supplier saat belanja online.

Bukan tugas yang gampang mengingat saya harus melakukan identifikasi narasumber, merancang pertemuan, hingga melakukan wawancara dan observasi tingkah laku mereka saat bekerja dan mencari barang via internet. Saya harus membuat mereka senyaman dan senatural mungkin untuk mendapatkan data yang akurat. Bahkan tak jarang saya juga menempel di kantor procurement untuk mengamati pekerjaan yang dilakukan dengan tetap stand by kamera untuk merekam sehingga saya dapat memutar ulang sebagai rujukan data.

Cukup melelahkan memang. Terkadang harus kesana kemari untuk mengikuti jadwal kesediaan subjek penelitian. Namun pada akhirnya semuanya berbuah memuaskan karena saya bisa memberikan data valid terkait projek yang saya kerjakan kepada CEO perusahaan yang mana hal tersebut bukan hanya sekadar argumentasi di kepala. (ER)

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close