People Innovation Excellence

PERANAN MEDIA SOSIAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI TIK dan ENERJI RAMAH LINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN TUJUAN WISATA DI DAERAH TERPENCIL MELALUI PENDIDIKAN JARAK JAUH MENUJU KETAHANAN NASIONAL

Perlambatan ekonomi global memberikan dampak besar kepada negara-negara berkembang sehingga memotivasi para penentu kebijakan dan pelaku usaha untuk menyesuaikan arah kegiatan ekonomi dan usahanya agar tetap bertahan. Peran ekonomi yang besar ini berpengaruh di semua lokasi geografis Indonesia termasuk daerah terpencil atau jauh dari pusat ekonomi. Pemanfaatan teknologi TIK dan enerji ramah lingkungan (“Enerji Hijau”) dalam pengembangan tujuan wisata dan pendidikan daerah terpencil atau jauh dari sentral ekonomi dapat mendorong terciptanya kegiatan ekonomi dan usaha baru, bahkan dapat didorong menjadi program pembangunan berkelanjutan yang memberikan manfaat strategis bagi masyarakat dan ketahanan nasional Indonesia. Pada saat yang sama, pengembangan tujuan wisata ini,  dapat pula memberikan kesempatan lapangan kerja di banyak lokasi potensi wisata, sekaligus juga mengurangi angka kemiskinan. Indonesia yang merupakan negara kepulauan katulistiwa yang terdiri dari lebih dari tujuh belas ribu pulau besar dan kecil, yang menawarkan keindahan pemandangan alam, flora dan fauna yang beragam. Potensi alam yang besar memberikan keunggulan kompetitif tersendiri di bidang pariwisata bagi Indonesia. Sayangnya, banyak dari lokasi ini jauh dari pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan masih terbelakang.

Pemanfaatan teknologi TIK dalam bentuk sistem pembelajaran secara online ditambah dengan makin berkembangnya aplikasi-aplikasi sosial media dapat dimanfaatkan untuk pengembangan komunitas para peserta belajar online antar pulau atau antar daerah terpencil. Beragam fitur-fitur menarik dalam sosial media bisa mendukung proses berbagi pengetahuan dan pengalaman antar para penggunanya, tidak hanya melalui teks tetapi juga melalui fitur gambar maupun video. Fitur-fitur ini akan meningkatkan “knowledge embededness” didalam jejaring media sosial para peserta belajar online antar pulau tentang berbagai pengetahuan termasuk kepariwisataan.

Teknologi rekaman atau memori menjadi kunci makin berkembangnya media sosial mengingat fitur-fitur yg sangat menarik dan “sering ingin dilihat” atau ingin disimpan tidak lepas dari teknologi rekaman atau memori yang sudah semakin cepat, besar kapasitasnya dan semakin murah. Proses interaktif antar anggota grup dapat direkam dan diputar ulang, sehingga makin memperkuat pemahaman, termasuk bisnis dari berbagai perspektif dan situasi di masing-masing daerah, yang pada gilirannya membuat pengetahuan lebih cair atau mudah diadaptasi, dan mudah untuk dipraktekkan. Disamping hasil rekaman diskusi dapat “ditularkan” kepada lapisan kedua dan ketiga di komunitas lokal, sekaligus memberikan proses pembelajaran berulang untuk mendapatkan solusi terbaik dari waktu ke waktu.

Dalam mendukung penerapan teknologi ini tidaklah terlepas dari kebutuhan daya dukung enerji listrik. Dalam makalah ini diusulkan enerji terbarukan sebagai pondasi kegiatan di wilayah wisata baru ini. Dengan segala keterbatasan, maka enerji listrik harus dibangkitkan dengan kapabilitas dan kapasitas enerji alam yang tersedia. Di bagian akhir tulisan ini disimpulkan betapa penting dan bermanfaatnya teknologi TIK dan Enerji Hijau dalam mengembangkan potensi wilayah Indonesia yang jauh dari pusat ekonomi, dengan didukung sistem pendidikan jarak jauh untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus melatih sumber daya manusia yang diperlukan untuk mendukung industri ini secara berkelanjutan.

 


Published at :
Written By
Dr. Ir. Hardijanto Saroso, MMT, MM
Faculty Member of International Marketing Program of Bina Nusantara University | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close