People Innovation Excellence

Focus Group Discussion (I)

Apa itu Focus Group Discussion (FGD)? Irwanto (2006: 1-2) mendefinisikan FGD adalah suatu proses pengumpulan data dan informasi yang sistematis mengenai suatu permasalahan tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok.

Focus Group Discussion merupakan suatu diskusi kelompok yang dilakukan oleh beberapa partisipan dimana setiap partisipan tersebut adalah orang yang memenuhi syarat dan kriteria dalam pengumpulan informasi yang menjadi tujuan dari diskusi tersebut. Sehingga dengan demikian, hasil dari diskusi yang dilakukan dapat lebih akurat karna pembahasan dilakukan oleh orang-orang yang memang dirasa mampu mewakili sampel dari penelitian.

Dalam melaksanakan Focus Group Discussion, dibutuhkan peran sebagai moderator, asisten moderator, notulen dan partisipan. Moderator bertugas sebagai fasilitator dan mengarahkan partisipan dalam memberikan informasi terkait topik yang didiskusikan. Asisten moderator bertugas dalam membantu moderator untuk memastikan diskusi berjalan dengan lancar terkait dengan waktu, topik pembahasan, memastikan setiap pertanyaan terjawab dan memastikan setiap partisipan bersikap aktif pada saat diskusi berlangsung. Namun, peran asisten moderator bersifat tentative tergantung dengan kebutuhan pelaksanaan Focus Group Discussion. Notulen bertugas untuk mencatat inti dari topik diskusi dan informasi yang diberikan oleh para partisipan. Partisipan bertugas untuk bersikap aktif dalam memberikan informasi, tanggapan dan pendapat terkait dengan topik diskusi sesuai dengan arahan yang diberikan oleh moderator.

Focus Group Discussion merupakan salah satu metode pengumpulan informasi yang bersifat kualitatif, sehingga informasi yang diperoleh harus benar-benar direkam dengan baik agar dapat diolah dalam proses penelitian. Namun, dalam melaksanakan Focus Group Discussion tetap harus memperhatikan syarat-syarat pelaksanaannya seperti jumlah partisipan, jenis penelitian ataupun bentuk informasi yang akan diperoleh, dan lain sebagainya.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close