People Innovation Excellence

Focus Group Discussion (II)

Focus Group Discussion (FGD) biasa juga disebut sebagai metode dan teknik pengumpulan data kualitatif dengan cara melakukan wawancara kelompok. Guna memperoleh pengertian yang lebih saksama, kiranya FGD dapat didefinisikan sebagai suatu metode dan teknik dalam mengumpulkan data kualitatif di mana sekelompok orang berdiskusi tentang suatu fokus masalah atau topik tertentu dipandu oleh seorang fasilitator atau moderator. (Indrizal, 2014)

Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan sebelum kegiatan, pembukaan dan diskusi, dan penutupan. Dalam pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) diperlukan dua subjek yaitu tim fasilitator meliputi moderator, notulen dan observer dan peserta diskusi.

Pada tahap persiapan sebelum kegiatan, tim fasilitator mempersiapkan ruangan dan segala kebutuhan yang diperlukan pada saat diskusi. Hal penting yang harus dipersiapkan oleh tim fasilitator adalah menghindari gangguan yang akan terjadi selama diskusi. Pada tahap ini, fasilitator juga melakukan pendekatan kepada para peserta agar pada saat diskusi berlangsung, para peserta tidak sungkan untuk mengeluarkan pendapatnya.

Tahap selanjutnya adalah pembukaan dan diskusi. Pada tahap ini moderator menjelaskan mengenai topik yang akan didiskusikan dan prosedur yang digunakan selama diskusi. Moderator juga menjelaskan mengenai alat yang digunakan selama diskusi agar para peserta mengetahui bahwa setiap diskusi yang terjadi akan terekam dan tersimpan. Kemudian pada tahap diskusi, moderator memandu jalannya diskusi agar fokus pada tujuannya. Moderator memastikan bahwa setiap peserta memberikan pendapatnya mengenai topik yang didiskusikan.

Tahap terakhir adalah penutupan. Pada tahap ini, moderator memberitahukan mengenai proses diskusi yang akan segera berakhir dan memastikan para peserta yang mempunyai pendapat lainnya mengeluarkan dan memberikan pendapatnya. Kemudian pada akhir penutupan diskusi, moderator memberikan kesimpulan mengenai garis besar topik yang didiskusikan dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi para peserta diskusi serta mempersilahkan para peserta untuk meninggalkan ruangan.

Setelah melakukan ketiga tahap diskusi, tim fasilitator melengkapi semua dokumen peserta dan hasil diskusi untuk dilakukan analisa lebih lanjut.


Published at :
Written By
Management Laboratory
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close