People Innovation Excellence

Pengertian FDI

Foreign Direct Investment atau yang kita kenal dengan sebutan FDI adalah sebuah proses atau cara dalam melakukan investasi ke luar negeri. Yang dimaksud dengan FDI adalah dimana perusahaan multinasional membangun anak perusahaan  mereka di negara lain, yang menjadi tujuan ekspor untuk mempermudah kegiatan ekspor-impor dan juga menghemat biaya.  Ada beberapa kondisi mengapa sebuah perusahaan multinasional melakukan FDI ke negara tujuan ekspor adalah sebagai berikut:

  1. Menghemat biaya transportasi
  2. Adanya hambatan dari pemerintah negara tujuan ekspor
  3. Harapan untuk mempekerjaan penduduk lokal

Menurut Krugman (1994) yang dimaksud dengan FDI adalah arus modal internasional dimana perusahaan dari suatu negara mendirikan atau memperluas perusahaannya di negara lain. Oleh karena itu tidak hanya terjadi pemindahan sumber daya, tetapi juga terjadi pemberlakuan control terhadap perusahaan di luar negeri.

FDI (Foreign Direct Investment) adalah salah satu bukti bahwa perekenomian sudah makin mengglobal. Hal ini dimulai pada saat sebuah perusahaan multinasional dari satu negara menanamkan modalnya dalam jangka panjang ke sebuah perusahaan di negara lain. Dengan cara ini perusahaan yang ada di negara asal (Home Country) dapat mengontrol perusahaan yang ada di negara tujuan investasi (Host Country) baik sebagian atau seluruhnya.

Biasanya, FDI terkait dengan investasi asset-aset produktif, seperti pembelian tanah, peraltan, dan bangunan atau pembangunan pabrik yang baru yang dilakukan oleh perusahaan yang akan berinvestasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close