People Innovation Excellence

LIFE IN BULGARIA (PART 2)

Oleh: Kevin Ardy Wijaya (Student of International Marketing)

#imers

#internationalmarketingprogramofbinusuniversity

#studentexchangeprogram

#lifejournal #lifetravel#collegelife

#customerrelationshipmanagement

Weekend ini saya meluang kan waktu untuk singgah dari satu toko ke toko lainnya untuk melihat apa saja loyalty program yang ditawarkan oleh toko-toko di Burgas, Bulgaria. Ada beberapa toko yang menurut saya menawarkan loyalty program yang cukup menarik.

123Seperti misalnya toko sepatu ini yang letaknya hanya 50 meter dari kampus saya, Burgas Free University.Toko ini menawarkan potongan harga sebesar 5 leva hingga 10 leva yang menurut saya lumayan besar potongan harganya. 1 leva = Rp 7.500. Sepasang sepatu disini harganya berkisar antara 25-30 leva.

4567891011

Ketiga toko diatas merupakan toko farmasi, toko pakaian dan toko sepatu yang juga menawarkan loyalty program yang sepertinya sangat umum dijalankan oleh pelaku usaha, memberikan diskon sebesar jumlah tertentu dari harga barang yang ditawarkan dengan tujuan agar pembeli berminat untuk minimal sekedar masuk ke tokonya dan melihat, jika tertarik kemudian membeli. Loyalty program seperti buy 1 free 1 jarang ditemukan disini, menurut saya mungkin karena jumlah penduduk disini yang tidak banyak maka produksi barang yang disediakan di toko-toko juga tidak banyak atau terbatas.

Selanjutnya saya akan bercerita tentang loyalty program dari satu toko yang menurut saya lumayan unik dan jarang ditemukan.

1012Toko di samping merupakan toko pakaian second hand. Yang menariknya adalah, mereka mematok harga yang sama untuk semua jenis pakaian, mulai dari baju kerja, baju jalan-jalan, dress, celana pendek, celana panjang, baju anak-anak, tas hingga sepatu second hand. Harga yang dipatok adalah sebesar 1 leva saja yang dimana menurut saya sangatlah murah. Belum tentu di kota seperti Jakarta bisa ditemukan toko yang menjual barang bekas semurah ini. Saya mencoba untuk mengambil foto di dalam toko namun tidak diperbolehkan oleh penjaga toko. Namun saya melihat tokonya sangat ramai dan merupakan toko yang paling banyak dikunjungi dibandingkan toko-toko lain yang saya singgahi.

Dan loyalty program lainnya yang secara tidak sengaja saya temui ketika saya sedang jalan menelusuri jalan utama di Burgas sambil menikmati makan siang saya ada di foto ini. Wanita ini membagikan tidak hanya brosur namun juga produk yang ditawarkan secara gratis. Produk yang ditawarkan adalah produk mie instan yang bernama Rollton. Sebenarnya saya sudah pernah mencoba mie instan tersebut dan menyukainya, namun karena saya melihat banyak orang yang menghampiri, saya juga ikut mengambil brosur beserta satu bungkus mie instan. Lumayan untuk anak kuliahan kalau lagi butuh makan makanan murah dan enakJ. Namun menurut saya ini merupakan strategi loyalty program yang jitu. Saya tidak tahu sudah berapa lama produk ini exist. Namun dilihat dari CRM yang dijalankan, sepertinya masih banyak masyarakat yang belum mengenal produk tersebut maka dibagikan secara cuma-cuma. Hal ini mengingatkan saya pula terhadap produk Bakmi Mewah yang pada awal kemunculannya banyak membuka stand-stand di mall dan memasak mie instan tersebut dan dibagikan kepada customer secara cuma-cuma.

1013


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close