People Innovation Excellence

KEGAGALAN ADALAH KEWAJIBAN SEORANG ENTREPRENEUR

Oleh : Dewi, S.Kom., M.M dan Finley Khouwira

Untuk seorang entrepreneur yang berpengalaman pasti mereka pernah mengalami yang namanya kegagalan. Mereka harus mengalami hal tersebut untuk mendapatkan titik kesuksesan yang ingin mereka capai. Banyak sekali faktor mengapa seorang entrepreneur yang baru memulai bisnisnya bisa gagal. Tetapi sebelum itu, ini adalah hal hal yg dapat menjadi keuntungan dan kerugian jika kalian memilih jalan untuk menjadi entrepreneur, keuntungannya yaitu:
1. Otonomi pengelolaan yang bebas dan tidak mengikat
Seorang entrepreneur dapat mengelola perusahaannya dengan bebas dan tidak adanya peraturan yang mengikat dapat membuat seorang entrepreneur menjadi seorang pemimpin di suatu perusahaan.
2. Tantangan awal dan perasaan motif berprestasi
Untuk melangkah ke dunia bisnis, seorang entrepreneur pastinya akan mengalami tantangan awal dalam berbisnis dan hal itu yang membuat seorang entrepreneur bersemangat dalam menjalankan bisnisnya.
3. Kontrol finansial, bebas dalam pengelolaan uang
Keuntungan selanjutnya adalah mereka dapat mengontrol keuangan perusahaan tanpa adanya ikatan pada peraturan tetapi mereka juga harus bijak dalam pengelolaan keuangan karena jika seorang entrepreneur tidak mengelola keuangannya dengan benar,
4. Kemandirian berusaha dan membuat keputusan
Keuntungan yang paling terlihat oleh seorang entrepreneur adalah mereka dapat belajar dalam hal pengambilan keputusan karena segala sesuatu yang berjalan di perusahaan membutuhkan keputusan dari atasan dan juga mereka dapat belajar untuk menyikapinya secara mandiri.
Selain semua itu, ada juga kerugian menjadi seorang entrepreneur yaitu:
1. Pengorbanan personal
Jika sebuah perusahaan gagal, yang pertama menjadi korbannya adalah pemimpinnya. Oleh karena itu, besar sekali resiko yang akan didapatkan jika menjadi seorang entrepreneur.
2. Beban aset ditanggung sendiri
Hal ini akan banyak terjadi karena mereka harus memulai bisnisnya menggunakan aset yang mereka miliki dan jika mereka gagal, kemungkinan mereka akan kehilangan aset mereka juga akan besar.
3. Kecilnya margin keuntungan
Hal ini akan terjadi jika seorang entrepreneur tidak melakukan survey karena mereka tidak tahu bagaimana keadaan target pasar yang akan mereka tuju dan hal itu akan menyebabkan seorang entrepreneur tidak mendapatkan keuntungan yang mereka targetkan.
4. Resiko kemungkinan gagal tinggi
Tanpa adanya pengalaman dan passion menjadi seorang entrepreneur, sulit sekali mereka untuk menggapai kesuksesan mereka karena seorang entrepreneur harus selalu setia pada hal yang mereka kerjakan.
Sangat banyak sekali faktor penyebab kenapa seorang entrepreneur yang bisa disebutkan karena kesuksesan suatu perusahaan benar benar tidak dapat diprediksi. Seorang entrepreneur dapat gagal karena hal seperti:
Faktor internal:
o Kurang berpengalaman dalam dunia bisnis
o Tidak berani mengambil resiko
o Tidak memiliki ilmu dan pengetahuan mengenai hal bisnis
o Kurang pandai mengelola finansial
o Sikap tidak sungguh-sungguh dalam berusaha
o Tidak memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya
o Dan lain lain
Faktor eksternal:
o SDM dan SDA yang kurang memadai
o Kenaikan harga yang tidak terduga
o Perubahan ekonomi global yang berjalan cepat
o Terlalu banyaknya kompetitor
o Perkembangan IPTEK
o Keinginan konsumen/pasar yang berubah terlalu cepat
Itu adalah sebagian dari segala faktor yang mempengaruhi seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya. Hal yang sekarang ini disarankan untuk seorang entrepreneur muda adalah belajar dari pengalaman orang lain, mampu melayani konsumen secara baik, mengatur waktu dengan baik dan juga harus pandai dalam mengambil peluang serta tekun dalam menjalankan bisnis tanpa lelah.

Sumber: biasamembaca.blogspot.co.id/2015/01/beberapa-faktor-penyebab-kegagalan-dan.html?m=1


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close