People Innovation Excellence

You Need To Be F.O.R.M.A.L. To Do Business (Part 2)

Observe

Artikel ini menjelaskan langkah berikutnya untuk calon pengusaha dalam mendirikan usaha. Langkah ini diambil setelah calon pengusaha mulai memfokuskan dirinya dalam hal usaha yang diinginkannya, berikut mengetahui seluk beluk dan detail-detail kecil lainnya yang berkaitan dalam menjalankan usaha tersebut.

Langkah kedua adalah OBSERVE, langkah ini melanjutkan dimana setelah calon pengusaha memfokuskan diri untuk menjadi pengusaha tulen dan berminat untuk mencicipi jenis usaha tertentu. Langkah ini untuk mencegah calon pengusaha untuk tancap gas terlalu kencang, yang dimaksud adalah calon pengusaha melakukan kegiatan observasi berkaitan dengan hal-hal dan detail-detail dalam menjalankan usaha tersebut. Melihat langsung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dalam mendirikan dan menjalankan usaha sejenis lainnya yang diminati, tapi dalam ini calon pengusaha cuma mengamati saja cara kerja dan jalannya usaha tersebut. Melihat bagaimana dari mulainya pemilihan pusat sumber bahan baku yang diperlukan dalam pembuatan produk atau jasanya. Berikut melihat bagaimana pemilihan bahan baku yang tepat untuk pembuatan produk atau jasa dari usaha tersebut. Melihat jenis bahan baku yang terlibat, berapa banyak yang diperlukan, harga, kualitas, dan sebagainya. Setelah itu melihat bagaimana proses pembuatannya, tehnik, tenaga kerja dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengubah bahan baku yang mentah menjadi produk atau jasa yang diinginkan.

Hal lain perlu dilihat juga adalah bagaimana promosi dan penjualan yang sudah dilakukan oleh usaha tersebut. Tujuannya untuk mencari tehnik promosi yang sudah sering dilakukan dan teknik promosi yang tidak berhasil untuk produk atau jasa yang sejenis. Begitu juga reaksi konsumen dengan adanya tehnik promosi dan penjualan tersebut. Melihat reaksi konsumen yang bisa menunjukkan bahwa kampanye promosi tersebut berhasil menarik perhatian untuk memilih produk atau jasa tersebut. Hal ini bertujuan untuk melihat secara keseluruhan proses yang terlibat dalam menjalankan sebuah usaha, dimulai dari melihat pasar atau distributor dimana mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan produk atau jasa. Berikut proses pengolahan yang terlibat terhadap bahan baku yang ada untuk menjadi produk atau jasa, lalu proses promosi dan penjualan yang terlibat hingga mencapai ke tangan konsumen yang membelinya. Dengan calon pengusaha memposisikan terlebih dahulu menjadi observer, maka mereka bisa memperkirakan apa saja hal-hal dan langkah-langkah. Artikel berikutnya akan membahas langkah selanjutnya yang harus diambil oleh calon pengusaha dalam menjalankan ide usahanya.

Kuspuji Catur Bagus Wicaksono


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close