People Innovation Excellence

MENGENAL PEMASARAN DIGITAL UNTUK GENERASI MILLENIALS

Oleh: Freddy Simbolon SE, MM (Faculty Member of International Marketing Program)

Generasi The Millennials dideskripsikan sebagai kelompok masyarakat yang lahir pada akhir tahun 80-an dan awal 90-an, dan mereka merupakan pangsa pasar ideal untuk digital marketing. Generasi millennials memiliki karakteristik khusus seperti gemar mengikuti tren, sadar teknologi, cenderung berpikiran lebih luas dan terbuka, tidak segan mengucurkan banyak uang untuk belanja produk fashion, gadget berteknologi termutakhir atau makan di cafe dan restoran kekinian. Mereka beranggapan dengan terus mengikuti gaya hidup kekinian, hal tersebut akan menunjang karier mereka dan membuka peluang networking yang lebih baik. The Millenials saat ini menjadi salah satu target atau konsumen terpenting untuk dunia Digital Marketing.

Di samping itu, kecanggihan teknologi digital mendorong millennials mencari peluang bisnis dengan caranya sendirin dan membuat berbagai  startup yang telah dikenal luas oleh masyarakat seperti Gojek,  Tokopedia, dan Blibli yang menjadi solusi praktis bagi banyak orang ketika ingin berbelanja, bertransportasi, hingga membeli tiket bioskop. Berbagai brand atau merek tersebut membawa dampak besar karena mampu menjawab permasalahan banyak orang, serta menandakan bahwa generasi millennial merupakan jiwa-jiwa pekerja keras yang mampu melakukan berbagai macam inovasi lewat pemanfaatan dunia digital.

Sebagai penggerak baru ekonomi kreatif, penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, iklan video YouTube, Internet mobile, dan Live Streaming kini bukan hanya untuk pribadi, tapi juga untuk eksistensi bisnis para generasi millennial. Ketiga platform media sosial tersebut, mereka menemukan cara cepat untuk saling berinteraksi, mengedukasi produk, hingga mempengaruhi banyak orang lewat seorang influencer. Marketer harus memikirkan kembali jenis konten berbasis brand value secara konsisten yang akan disajikan pada akun instagram brand yang mereka cintai, mempengaruhi percakapan sosial, dan memenangkan hati dan pikiran konsumen. Generasi millennial mendasarkan keputusan mereka pada peers review. Menceritakan dan membagikan pengalaman pribadi dengan suatu merek atau testimonial menjadi sangat efektif dalam mempengaruhi keputusan membeli generasi millennial.

Memasarkan konten produk dengan pasokan informasi terbaru yang menarik perhatian pada kehidupan generasi millennials berarti harus siap mengikuti perkembangan teknologi dan mampu beradaptasi dengan setiap inovasi teknologi produk atau jasa yang sedang populer.

(Berbagai Sumber).

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close