People Innovation Excellence

PERAN HASTAG DALAM DUNIA MARKETING

Oleh: Freddy Simbolon SE, MM (Faculty Member of International Marketing Program)

Pada era sebelum internet, marketer menggunakan taktik dari mulut ke mulut untuk meningkatkan brand awareness serta penjualan dari produk mereka. Saat ini, cara tersebut berevolusi menjadi marketing media sosial. Di media sosial seperti Twitter, Instagram bahkan Facebook. pengguna sosial media hanya menuliskan kata setelah tanda pagar(#). Penggunaan hashtag adalah salah satu cara untuk menarik seseorang agar membagikan hal tersebut ke orang-orang sekitarnya. menggunakan hashtag memberikan manfaat yang sangat banyak untuk meningkatkan popularitas di sosial media. Ketika banyak pengguna menggunakan hashtag tertentu dalam posting mereka, topik ini telah menjadi tren sosial di platform media sosial.

Fitur hashtag di Facebook ini pun memiliki fungsi yang hampir sama di Twitter, yaitu sebagai sarana promosi produk lewat content strategy. Hashtag pada Facebook juga bisa membantu untuk mengetahui tren apa saja yang sedang dibicarakan oleh banyak orang. Lebih lagi, pemasar juga bisa mengetahui siapa saja yang membicarakan tren tersebut melalui profil target pasar atau konsumen dengan demografis (demography segmentation), perilaku (behavioral segmentation) dan gaya hidup (lifestyle segmentation) terkait dengan merek yang telah dibeli. Selain itu hastag juga dapat digunakan untuk meningkatkan eksposur bisnis, bahkan sering kali digunakan untuk berkomunikasi dengan para konsumen yang sedang membicarakan topik yang sesuai dengan merek atau brand tersebut.

Hashtag merek dapat menciptakan customer engagement dengan cara seorang pengguna merek tersebut membagikan pengalaman pada komunitas media sosial lainnya sehingga mereka mengetahui apa yang ingin diketahui tentang merek yang sedang tren dan bahkan mereka dapat mempromosikan merek tersebut. Penggunaan pemasaran hastag melibatkan beberapa unsur diantaranya hashtag harus unik, singkat, jelas dan konsisten pada topik produk yang dijual di pasar. Sebagai imbalan pengguna hashtag, pemasar dapat menjalankan kontes promosi. Misalnya, seseorang yang paling sering melakukan posting dengan hashtag maka orang tersebut akan memenangkan hadiah pada akhir setiap bulan.

(Berbagai Sumber)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close