People Innovation Excellence

Mau Pilih mana, perilaku Otak Reptil atau Neocortex? (Part 3)

Oleh: Son Wandrial, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

(Sambungan dari: Mau Pilih mana, perilaku Otak Reptil atau Neocortex? (Part 2))

Menurut teori Triune Brain, Paul D McLean seorang pakar neuroscients mengatakan bahwa otak manusia berevolusi melalui tiga fase: fase awal yang disebut juga dengan otak reptil (lizard), fase kedua yaitu otak mamalia dan fase ketiga yaitu neocortex.  Seperti gambar dibawah terlihat bahwa otak manusia terdiri dari tiga bagian:

  • Otak Reptil (otak kadal) atau batang otak

Disebut sebagai otak reptil karena otak ini awalnya terdapat pada binatang dan kitapun memilikinya, jadi dengan kata lain pada dasarnya kita ini adalah binatang yang bertubuh manusia, itu artinya kita bisa dan sangat mungkin untuk berperilaku seperti layaknya binatang. Ini adalah otak tertua berusia ratusan juta tahun.  Otak ini bertanggung jawab untuk body maintenance atau somatic dan survival (bertahan hidup).  Jika di marketing ada 4P maka untuk otak reptil agar lebih mudah diingat di beberapa literatur biasa ditulis dengan 4F: Fight, Flight, Food & Fuck.

Dalam keadaan terancam atau terdesak seekor binatang mungkin akan Fight (menyerang) atau Flight (kabur), kondisi sama seperti manusia dalam menghadapi konflik ada yang agresif (fight) atau kabur dari masalah (avoidance).  Binatang juga butuh makan minum (food) dan binatang juga butuh regenerasi punya keturunan (fuck).  Semua perilaku ini terdapat juga pada manusia.

Ciri-ciri lain otak reptil adalah: persaingan, no moral, no etika, no tata krama, mementingkan diri sendiri terutama tubuh (somatic or survival), rakus atau serakah, selfish, tidak perduli dengan lingkungan, tidak mengenal benar salah, teritoriality, tidak mau bertanggung jawab, menyalahkan orang lain.  Perhatikan kucing yang kelaparan (food) dan dia dengan tenangnya mencuri ikan tanpa ada rasa bersalah sama sekali.

  • Limbik atau Otak Mamalia

Disebut juga dengan otak tengah, otak yang membungkus batang otak, bagian ini berhubungan dengan perasaan atau emosi: marah, sedih, jijik, kecewa, takut, senang, bahagia.  Fungsi sistem limbik juga memastikan kelangsungan hidup spesies serta mengontrol fungsi vital tubuh yang lebih kompleks.  Limbik mengatur fungsi otomatis tubuh seperti pencernaan temperatur, tekanan darah.  Disinilah tempat memori atau ingatan jangka panjang disimpan.

  • Neocortex

Ini adalah otak baru, berusia lebih muda sekitar 40.000 tahun.  Tempat bersemayamnya kecerdasan yang bisa membuat perbedaan antara manusia dengan binatang.  Neocortex terbagi dua bagian, otak kiri dan otak kanan.  Otak kiri untuk kecerdasan intelektual sementara otak kanan untuk kesadaran spiritual.  Otak kiri berhubungan dengan pikiran analitis, evaluasi, logika, bahasa, metematika sementara otak kanan berhubungan dengan pikiran holistik, intuisi, kreatifitas, seni & musik.  Moralitas berada di neocortex, juga kata-kata dan bahasa.

Ketiga jenis otak ini saling berinteraksi dan berhubungan.  Otak Neocortex hanya terdapat pada manusia, inilah yang membedakan manusia dengan binatang.  Apabila ada manusia yang mematikan fungsi otak neocortex-nya maka sebenarnya dia (perilakunya) tidak berbeda dengan hewan.  Salah satu fungsi neocortex adalah mengawasi otak reptil agar selalu berada di “jalan yang benar dan lurus” dan tidak berlebihan.  Ada dua jenis respon pada manusia yaitu instinctive response (reptil) dan intelectual response (neocortex).

Dari kasus di atas, Professor Peters menggunakan instinctive response terhadap Gandhi karena kebenciannya, sementara Gandhi menggunakan intelectual response karena menghormati dosennya walaupun sebenarnya dia punya hak untuk menyerang balik.

Bersambung ke:

Mau Pilih mana, perilaku Otak Reptil atau Neocortex? (Part 4)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close