People Innovation Excellence

Management Consulting

Seorang konsultan bisnis adalah orang yang memberikan dukungan dan informasi untuk membantu dalam menjalankan atau strategi masa depan bisnis. Konsultan Bisnis menganalisa tentang analisa pesaing, pemetaan marketing, rencana marketing, rencana bisnis kedepan (Business Plan), Riset Pemasaran, pembuatan bisnis plan, pembuatan studi kelayakan, monitoring project, analisa trend harga.

Jenis-jenis konsultan yang popular antara lain :

  1. Akunting
  2. Periklanan
  3. Auditor
  4. Konseling Karir
  5. Konsultan Bisnis
  6. Konsultan Komputer
  7. Pajak

Tugas utama seorang konsultan adalah merekomendasikan solusi. Konsultan “mendiagnosa”  dan mempresentasikan berbagai ide dari hasil analisa di hadapan klien. Seorang konsultan harus tekun dengan dunia keilmuan dengan dunia praktek. Tak pelak, kombinasi dua dunia tersebut memberikan ruang yang optimal bagi para konsultan manajemen untuk terus tumbuh – baik secara intelektual ataupun profesional.

Seorang konsultan seharusnya memiliki kecakapan analytical thinking skills yang ditopang dengan bekal ilmu pengetahuan yang mendalam (dalam bidangnya). Tidak jarang muncul beragam masalah/isu/pertanyaan yang tidak terduga muncul ditengah proses konsultasi. Tanpa bekal kecakapan untuk membentangkan analisa yang jernih, logis dan aplicable, seorang konsultan manajemen mungkin tak akan bisa menawarkan solusi yang optimal. Perlu kesungguhan untuk terus belajar menimba ilmu dari beragam sumber

Public speaking skills juga perlu dimiliki oleh seorang konsultan. Dalam proses konsultasi, acapkali seorang konsultan harus memberikan workshop atau mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan klien. Tanpa ketrampilan public speaking yang bagus tentu saja tidak akan bisa menyampaikan pesan dengan baik.

Pekerjaan yang mungkin agak menantang bagi seorang konsultan adalah menjadi konsultan muda yang berhadapan dengan para petinggi perusahaan dengan pengalaman belasan hingga puluhan tahun. Bagaimana meyakinkan mereka atas analisa dan ide yang konsultan berikan.  Ini menjadi tantangan terbesarnya. Bagaimana mereka menerima saran yang diberikan konsultan dengan pengalaman kerja 5-7 tujuh tahun, jauh dibawah mereka.

Menyatukan berbagai pendapat saat konsultan memberikan saran, dengan fokus untuk mencapai tujuan bersama, dan menjadi jembatan para ahli sungguh merupakan tugas menantang yang membutuhkan keterampilan komunikasi tinggi.

Untuk meyakinkan klien, konsultan juga perlu melengkapi diri dengan berbagai data, perspektif, sehingga dapat menawarkan solusi terbaik yang memenuhi kebutuhan klien. Karenanya, konsultan harus terus menambah wawasannya.

Pekerjaan yang mungkin agak menantang bagi seorang konsultan adalah ketika harus membuat ‘timesheet’ di akhir minggu, pekerjaan yang sangat membutuhkan konsentrasi penuh, mengingat apa yang telah dikerjakan selama satu minggu belakangan. Buat sebagian orang banyak yang terlebih dahulu dicatat di agenda apa yang telah mereka kerjakan dan berapa waktu yang dihabiskan.

Pekerjaan menjadi seorang Management Consultant juga bisa dibilang seperti menjadi agen rahasia. Para konsultan merahasiakan permasalahan suatu perusahaan sehingga tidak boleh ada media yang meliput bahkan orang tua mereka sendiri tidak bisa tahu. Jadi untuk nama-nama perusahaan consultant memang jarang kita kenal karena mereka jarang di expose oleh media. Misalkan KFC ingin menjual perusahaan mereka seharga 100 Triliyun kemudian kita menceritakan hal ini kepada teman-teman kita bahkan sampai ke media dan akhirnya semua orang menjadi tahu, hal ini bisa membuat harga KFC turun dari harga 100 Triliyun tersebut. Untuk itu penting untuk menjaga rahasia client dari orang-orang terdekat kita ketika kita menjadi seorang Management Consultant.


Published at :
Written By
Scherly H
LS-S2 | SoBM/IBM
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close