People Innovation Excellence

Concept of Brand Evangelism

Oleh: Auriangga Putradypa Jamaris, SE (Alumni of International Marketing)

Dalam jurnal yang berjudul “Brand Relationship and Its Effect Towards Brand Evangelism to Banking Service” oleh Sri Vandayuli Riorini dan Christine Catur Widayati (2015) mengutip Scarpi (2010) yang menjelaskan bahwa Brand Evangelism datang dari ketertarikan psikologi dan emosional  dengan sebuah brand. Kemudian menurut Kotler (2000) dalam Sri Vandayuli dan Christine Catur (2015) menyatakan bahwa seseorang yang memiliki niat untuk membeli dipengaruhi oleh empat faktor psikolgis :

(a) Motivation. Merupakan kebutuhan yang membuat seseorang untuk bertindak, memuaskan kebutuhan dan mengurangi intensitas.

(b) Persepsi. Diartikan sebagai proses pada bagaimana seseorang memilih, mengatur dan menginterpretasikan informasi untuk membuat gambaran yang berarti

(c) Pengetahuan. Menjelaskan bagaimana perubahan perilaku individu yang dihasilkan dari pengalaman

(d) Kepercayaan dan etika. Seseorang akan meningkatkan kepercayaan dan etika dari proses pembelajaran dan bersikap. Ini akan mempengaruhi etika pembelian mereka. Kepercayaan dapat membuat image produk dan orang-orang akan bersikap pada image tersebut.

Konsep dari brand evangelism berasarkan Samuel K. Doss (2012): “… communicating positive information, ideas, and feelings concerning a specific brand freely, and often times fervently, to others in a desire to influence consumption behavior.” Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa brand evangelism merupakan sebuah tindakan yang dilakukan konsumen sebuah brand dengan menitik beratkan pada perasaan positif pasca menggunakan produk dan menginformasikan dengan baik kepada orang lain dengan maksud untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain.

Menurut Sri Vanayuli Riorini dan Christine Catur Widayati (2015), brand evangelism adalah lanjutan dari word of mouth di mana perusahaan mengembangkan konsumen yang percaya dengan kuat pada suatu produk atau pelayanan dan mereka mencoba untuk meyakinkan orang lain untuk mencoba atau membeli produk atau jasa tersebut.

Berdasarkan jurnal yang berjudul “Spreading the good word”: Toward an Understanding of Brand Evangelism (Samuel K. Doss, 2012), Brand Evangelism terbagi menjadi empat dimensi. Dimensi-dimensi tersebut antara lain: Consumer Brand Identification, Brand Satisfaction, Brand Saliance, Brand Trust, dan Opinion Leadership.

Consumer brand identification memiliki beberapa indikator yaitu consumer self defined perception of oneness dan Identification with a brand. Brand satisfaction memiliki indikator antara lain: the pleasurable fulfillment of consumer’s needs, the pleasurable fulfillment of consumer’s wants, dan the pleasurable fulfillment of consumer’s desire. Kemudian brand saliance memiliki dua indikator antara lain: recognition dan recall. Dimensi brand trust memiliki empat indikator yaitu trust, complete trust, rely, dan secure. Yang terakhir adalah dimensi Opinion Leadership yang memiliki dua indikator yaitu influence on other peoples dan behavior concerning a brand.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close