People Innovation Excellence

#alumniimlifeaftergraduated – Yudha Perdana

Oleh: Yudha Perdana (Alumni International Marketing) – Pengusaha Furniture Rotan dan Roti Bandung (@rotibarbar)

Hi! Saya, Yudha Perdana Putra, dan rekan-rekan saya, Emir Faruqi, dan Galih Maulana Hardi merupakan lulusan International Marketing, Binus University tahun 2015. Kami berpikir berbisnis itu merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki/dilakukan setiap orang. Bekerja di suatu perusahaan memang perlu, namun memulai bisnis di usia dini sangat amat jauh lebih menantang. Kekuatan mental diuji, pengambilan resiko besar, tapi pokoknya ngga kalah serunya dengan bekerja di sebuah perusahaan. Kita selalu tertantang dan terpacu untuk selalu membuat sesuatu hal yang lebih besar. Kita selalu merasa tidak puas. Puas untuk konsumen belum tentu kepuasan untuk kita. Dari bisnis mungkin kita bisa belajar menggali sendiri segala kekurangan yang ada. Kita yang terjun ke lapangan. Kita yang mengatur pertemuan kerjasama dengan partner untuk menunjang marketing. Pokoknya intinya berbisnis itu seru banget. Jika berbicara soal pendapatan, bisa aja menjadikan passive income kita di masa depan jika pendapatan dari bekerja kurang memuaskan. Hehehe…
Banyak banget hal yang kita pelajari dikelas ternyata sangat berguna bagi bisnis kami sekarang, karena hampir seluruh mata kuliah yang kita dapat selama kuliah terimplementasi di bisnis yang kita bertiga jalani ini. Contoh mata kuliah integrated marketing communication yang menjelaskan berbagai macam media pemasaran. Dari marketing tradisional hingga marketing modern, menurut saya yang paling penting adalah mata kuliah pricing strategy, karena mata kuliah ini ngajarin kita gimana caranya menentukan harga semurah mungkin dengan kualitas baik, tapi kitanya ngga rugi juga dengan harga murah tersebut.

Human resources management juga memberikan banyak strategi buat kita tentang bagaimana mengelola karyawan supaya betah, karena ternyata karyawan betah bukan karena gaji, tetapi banyak faktor lain seperti kenyamanan, lingkungan kerja kondusif, dan lain lain.

Buat kita #marketingisntallaboutselling itu bener banget, kenapa? Karena memang betul banyak banget hal yang musti kita lakukan! Ga cuma selling! But also branding development. Gimana caranya supaya brand kita terkenal di daerah kita (bisa menjadikan patokan orang-orang jika ingin bepergian/mengirim barang/meeting point/dan lainnya) belum lagi bikin budgeting yang efisien, nge-bundling harga supaya harga jual produk kita jadi lebih murah dari pesaing, nego sama supplier supaya bahan pokok jadi murah jadi bisa bikin konsumen senang hehe, making a deal/negotiating juga penting banget, maksudnya kerjasama dengan partner-partner perusahaan start up untuk menunjang promosi dari kafe kita, nah banyak dan luas sekali bukan dunia pemasaran itu?.

Nah sebagai salah satu #imers #imersberkualitas kita bertiga punya pesan penting nih buat kita semua anak mudanya Indonesia. Indonesia butuh anak-anak muda kaya kita untuk memajukan perekonomian Indonesia. Banyak diluar sana yang membutuhkan lapangan pekerjaan, jadi siapa yang membuat lapangan pekerjaan? Ya itu kita! Kita masih muda, masih bertenaga, masih berenergi, masih berpikiran fresh. Membuka bisnis jangan takut memulai. Resiko besar? Memang besar, tapi hasil kerja keras kita yang menentukan kesuksesan bisnis kita. Perluas wawasan tak hanya harus bekerja di perusahaan. Berbisnis pasti lebih membuka wawasan kita. Kalo bisa sekarang, kenapa tidak, jangan menunggu nanti, karena waktu ngga pernah menunggu kita. Peluang banyak, jangan pernah disia-siakan. Semangat buat seluruh anak marketing Indonesia, khususnya adik-adik di IM.

#marketingisntallaboutselling #imarkethink


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close