People Innovation Excellence

Metodologi Penelitian “Design Your Own Research”

Laboratory of Business Management kembali mengadakan seminar metodologi penelitian untuk para binusian pada tanggal 7 Maret 2017 di ruang Auditorium, Kampus BINUS Anggrek. Metodologi penelitian kali ini berjudul “Design Your Own Research”, dan pada kesempatan ini pembicara yang memberikan materi adalah Ibu Natalia, S.E., M.M. (AACSB Office Program Coordinator) dan Ibu Annetta Gunawan, S.E., M.M. (SCC-Basic Theory of International Marketing).

Acara dimulai dengan salam pembuka oleh MC dan dilanjutkan dengan kata sambutan yang diberikan oleh Head of Laboratory of Business Management, yaitu Yuli Eni, S.E., S.Kom., M.M. Setelah itu, seminar dimulai oleh pembicara pertama, yaitu Ibu Natalia, S.E., M.M.

Materi pertama yang diberikan oleh Ibu Natalia, S.E., M.M., mengenai bagaimana tahap awal penulisan skripsi dengan baik, mulai dari penentuan judul dan perusahaan. Dimana disampaikan bahwa permasalahan perusahaan dengan tujuan penelitian harus mempunyai relevansi yang baik dan kuat. Sehingga skripsi yang dibuat oleh mahasiswa tidak semata-mata hanya untuk lulus dan mendapatkan gelar sarjana, tetapi juga mampu memberikan manfaat dan bernilai bagi dunia panelitian. Kemudian dilanjutkan mengenai bagaimana penentuan variabel dan penggunaan jurnal dan teori untuk mendukung skripsi mahasiswa. Sehingga memberikan pemahaman kepada mahasiswa, manakah jurnal dan teori yang dapat digunakan dan mana yang tidak.

Selama 45 menit penjelasan yang diberikan oleh Ibu Natalia, dilanjutkan dengan penjelasan materi kedua yang diberikan oleh Ibu Annetta Gunawan, S.E., M.M. Materi kedua ini lebih membahas mengenai operasionalisasi variabel, yaitu indikator dari masing-masing variabel yang digunakan dalam penelitian. Ibu Annetta menjelaskan bagaimana cara dan apa manfaat dari pengukuran variabel dan apa saja yang diperlukan untuk mendukung pengukuran tersebut. Selain itu pula, Ibu Annetta juga menjelaskan mengenai teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan contoh disekitar lingkungan kampus sehingga mudah dimengerti oleh mahasiswa. Dengan durasi yang sama, yaitu selama 45 menit, Ibu Annetta mampu menyampaikan materinya dengan baik dan jelas.

Setelah pemberian materi yang diberikan oleh kedua orang pembicara hebat ini, acara seminar ini ditutup dengan pembagian doorprize kepada dua orang mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan masing-masing pembicara.

Pada kesempatan ini, acara metodologi penelitian berjalan lancar dan maksimal. Dan akan diadakan lagi pada bulan Mei 2017 untuk persiapan para mahasiswa dalam menyusun proposal skripsi.

Terima kasih kepada Ibu Natalia dan Ibu Annetta yang sudah bersedia menjadi pembicara dalam seminar metodologi penelitian “Design Your Own Research”, para asisten Laboratory of Business Management dan para peserta yang sudah ikut berpartisipasi. Semoga banyak ilmu dan manfaat yang diperoleh dari seminar ini terutama hal yang dapat diterapkan dalam penyusunan penelitian skripsi.


Published at :
Written By
Laboratory of Business Management
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close