People Innovation Excellence

OLEH-OLEH DARI SEMINARNYA BINUS NORTHUMBRIA SCHOOL OF DESIGN (2) – DIGITAL CONTENT FOR INDONESIAN FASHION INDUSTRY

Oleh: Dewany Dana (Student of International Marketing)

Perkembangan Industri Fashion di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya, dimana hal ini ditandai dengan banyaknya pagelaran Fashion Show, perekonomian semakin membaik dan bermunculan fashion designer tanah air yang  potensial. Tren Fashion  ini turut menggugah para Fashion People (orang yang memiliki ketertarikan terhadap fashion) untuk membagi keseharian nya, tips & trick, dan gaya berpakaian mereka yang mengikuti trend fashion masa kini melalui media digital, seperti blog. Dan orang yang melakukan hal tersebut disebut fashion blogger.

Dalam menulis konten digital memiliki beberapa tips agar menarik perhatiaan pembaca. Menurut Olivia Lazuardy dan Cindy Karmoko yang merupakan fashion blogger yang sudah aktif menulis blog fashion sejak lama, hal tersebut ialah:

  1. Memiliki Konsep

Dimana setiap konten harus memiliki konsep yang mencerminkan fashion blogger tersebut, dan konsep tersebut sebagai dasar penulisan konten berikutnya.

  1. Memiliki Alur Cerita

Penulisan blog dilakukan dimulai dengan menceritakan tentang diri fashion blogger tesebut, baru masuk ke konten utamanya yaitu mengenai baju, brand dan lain-lain, sehingga konten terkesan ringan untuk dibaca.

  1. Typhografi

Typhografi penting dalam penulisan konten pada website, karena typhografi memberikan kesan tertentu dari suatu tulisan, sehingga kadang typhografi dapat membantu menggambarkan makna dari sebuah tulisan. Selain itu typhografi membuat website terlihat lebih menarik.

  1. Fokus pada Kualitas Konten

Kualitas lebih penting daripada kuantitas, konten yang baik dibuat dengan benar-benar memperhatikan apa yang disukai oleh pembaca saat ini, dan informasi yang diberikan juga harus lengkap dan jelas.

  1. Penambahan Gambar

Penambahan Gambar pada konten membuat konten menjadi lebih atraktif, karena pembaca cenderung lebih menyukai konten yang ada gambarnya karena isi konten bisa digambarkan dengan jelas dibanding hanya dengan tulisan saja.

  1. Menintegrasikan dengan social media lainnya

Saat ini masyarakat Indonesia sering menghabiskan waktunya di social media, di social media ini salah satu cara untuk memancing pembaca agar membaca blog dari fashion blogger tersebut, menurut Cindy Karmoko salah satu fashion blogger, Instagram saat ini memiliki andil yang besar, apalagi semenjak ada fitur instasory. Dimana Cindy bisa berinteraksi dengan followersnya.

Dikarenakan Fashion Industry Indonesia yang terus berkembang, para fashion blogger menjadi lebih bersemangat untuk mendiskusikan hal yang berhubungan dengan fashion, karena fashion itu up-to-date dan tidak ada habisnya. “Para designer Indonesia merupakan salah satu inspirasi kita dalam menulis blog & konten di media digital” pungkas Olivia dan Cindy. Mereka juga bilang kalau salah satu cara buat mendapatkan followers dan pembaca ialah dengan menginspirasi orang lain untuk memuat konten fashion seperti mereka. Fashion sendiri setiap tahunnya terus memunculkan tren-tren yang terus berganti dan memiliki banyak pembahasan dari berbagai sisi. Jadi, apakah kalian tertarik untuk membuat konten digital mengenai fashion?

#marketingisntallaboutselling #imarkethink


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close