People Innovation Excellence

OLEH-OLEH DARI SEMINARNYA BINUS NORTHUMBRIA SCHOOL OF DESIGN (5) – The Rising of The Fashion Bloggers

By: Nadia Gristira (International Marketing Student)

Di era serba digital seperti sekarang ini, internet tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu senjata paling ampuh untuk menyebarkan informasi. Salah satu media yang digunakan untuk memberi informasi secara lengkap adalah blog. Pada awalnya, blog hanya dikenal sebagai diary online dimana blogger atau penulis blog dapat melontarkan perspektif pribadinya untuk kemudian dibahas dan dikomentari oleh pembacanya.  Seiring berjalannya waktu, blog kini tidak hanya berisi curahan hati seputar keseharian blogger tersebut, namun lebih membahas kepada topik sesuai passion yang dimiliki seorang blogger, salah satunya adalah di bidang fashion.

Olivia Lazuardy dan Cindy Karmoko merupakan dua fashion blogger ternama di Indonesia. Cindy memulai fashion blogging di tahun 2011, sedangkan Olivia memulainya di tahun 2013. Keduanya dapat dikatakan sebagai pionir dalam dunia fashion blogging sehingga menginspirasi banyak fashion blogger lainnya untuk berkembang.

Dalam talkshow bertajuk The Rising of the Fashion Bloggers yang diselenggarakan oleh BINUS Northumbria School of Design di fX Sudirman kemarin (13/4), Olivia dan Cindy berbagi cerita dan tips seputar fashion blogging yang menarik sehingga dapat meningkatkan engagement level.

Menurut Olivia dan Cindy, untuk meningkatkan blog traffic yang dimilikinya adalah dengan menyuguhkan konten yang berkualitas dan menarik untuk dibaca. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten yang berkualitas, antara lain adalah pemilihan kata, add some good photos to make it more attractive, hingga tipografi atau tata huruf. Hal tersebut akan membuat estetika keseluruhan website tercipta, tidak boring dan isi pesan tersampaikan dengan baik. Olivia juga selalu membuat konten setiap hari untuk Youtube channel, blog dan Instagram-nya agar selalu up-to-date. Selain fashion, Olivia dan Cindy juga membahas tentang personal life, beauty dan travel dalam blog-nya. Mereka cenderung ‘beraktivitas’ di website dan blog untuk meraih long-term purpose karena menurut Cindy, social media  seperti Instagram bisa ‘mati’ kapan saja.

Konten yang berkualitas akan lebih menarik attention pembaca dibandingkan jumlah followers yang dimiliki. Don’t think about numbers! Hal ini juga sangat berpengaruh untuk long term relationship, contohnya antara brand dengan fashion blogger itu sendiri dalam konteks sponsorship dan endorsement. Brand nantinya akan menilai engagement level dari fashion blogger tersebut apakah memiliki impact yang baik terhadap profitabilitas perusahaan.

Keuntungan lain dari memiliki konten yang berkualitas adalah dapat menginspirasi fashion people lainnya.  Cindy, contohnya, yang malah mendapat tawaran pekerjaan lain sebagai Digital Content Consultant. Menurutnya, dengan menyuguhkan konten berkualitas, orang lain akan berpikir kita memiliki kapabilitas lebih untuk berkarya lebih baik lagi. Selain itu, beberapa brand malah tidak hanya melakukan sebatas sponsorship dan endorsement saja, terkadang brand meminta para fashion blogger untuk membentuk konsep, tema dan campaign yang akan dilakukan. This is a whole new level of fashion bloggers, karena dengan hal tersebut fashion blogger bisa membentuk image ke dalam brand tersebut.

Di tahun 2016, Olivia Lazuardy meluncurkan clothing line brand miliknya yang diberi nama CÄLLA Atelier. Untuk membuat sebuah brand menurut Olivia diperlukan target market yang jelas, purpose, serta menentukan positioning seperti what you want to be and what you want what to do. Selain itu diperlukan komunikasi dengan para readers dan fashion blogger lainnya. Knowledge is power. Orang-orang akan lebih melihat ke dalam brand kita. Terlebih lagi printed magazines sekarang ini sudah banyak mengekspos fashion blogger yang tidak melulu soal selebritis.

Dalam mencari inspirasi, Cindy mengaku sangat menyukai travelling. Beberapa waktu lalu Ia berkesempatan mengunjungi kota New York bersama fotografernya. Ia mengatakan bahwa bepergian bersama fotografernya sangat menyenangkan karena Ia dapat melihat suatu hal dari sudut pandang yang sangat berbeda. Ia terkesan bagaimana seorang fotografer dapat memotret sebuah meja biasa menjadi sesuatu yang terlihat aesthetic.

Banyak orang beranggapan untuk menjadi seorang fashion blogger memerlukan capital yang besar, padahal sebenarnya kita dapat meminimalisir cost tersebut as long as we’re creative enough. Contohnya, untuk mendapatkan hasil foto yang baik kita dapat meminta tolong kepada teman atau sesama blogger dan menggunakan skill desain grafis yang dimiliki. Barulah ketika kita memiliki capital, kita dapat mempekerjakan fotografer dan tim lainnya.

Cindy juga menambahkan, agar tetap terlihat stylish, kita bisa membeli pakaian that lasts longer seperti basic pieces atau cobalah untuk thrifting shop. Olivia pernah membeli sebuah atasan turtle neck yang dapat menghasilkan kurang lebih 50 looks yang berbeda! It’s not always something new, just be creative and use your money wisely!

 (Photo credit: Cindy Karmoko)

Last but not least, Cindy dan Olivia mengajak kita untuk menuangkan pikiran melalui media apa saja. Kita harus memperhatikan channel mana yang paling sesuai dengan kepribadian kita. Apabila kita suka berbicara di depan kamera, maka Youtube merupakan channel yang tepat. Namun apabila kita masih merasa malu, kita bisa mulai menulis dalam sebuah blog. Apabila menulis dalam blog masih terasa sulit, Instagram merupakan media yang paling sederhana untuk memulai menulis. Because your one simple thought and one simple action leads to big changes!

#marketingisntallaboutselling #imarkethink


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close