People Innovation Excellence

PENDEKATAN YANG TEPAT UNTUK SEGMENTASI WEDDING ORGANIEZER DI KOTA BLITAR

By: Wilyan Adiasari, SE (Student of International Marketing)

Dengan strategi pemasaran yang sesuai maka harapanya adalah dapat mengoptimalkan pendapatkan sebuah bisnis. Sehingga seluruh pemain bisnis Wedding Organizer harus merencanakan sebuah strategi pemasaran yang tepat yang bertujuan untuk dapat merangkul seluruh pelanggan yang potensial. Selain itu strategi pemasaran sebaikknya diterapkan secara berbeda untuk setiap segmennya. Hal tersebut dikarenakan setiap segmen memiliki karakteristik yang berbeda, yang tentu saja akan menimbulkan kebutuhan dan keinginan yang berbeda pula. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa strategi untuk setiap segmen pasar Wedding Organizer di Kota Blitar:

Segmen Wedding Dream Couple, kabanyakan dari segmen ini merupakan anak muda yang masih sekolah atau mahasiswa. Mereka adalah kalangan yang dengan mudah menerima informasi dari media online. Maka dengan menjadikan social media seperti instagram, facebook, twitter sebagai media promosi akan lebih optimal untuk segmen ini. Segmen ini cukup banyak permintaannya, tak heran bila terkadang mereka perlu satu personil untuk focus membantu mereka. Bukan karna mereka adalah orang sibuk, akan tetapi karena mereka aktif bertanya. Karena mereka aktif bertanya, mereka akan sering mengajak meeting untuk membahas pernikahan mereka. Seingga untuk menghadapi hal tersbut, pihak Wedding Organizer harus memberikan penjadwalan terlebih dahulu untuk meeting yang akan di lakukan. Pendekatan secara personal selling juga dapat dilakukan, dengan cara megikuti pameran pernikahan. Cukup mudah untuk melakukan pendekatan pada segmen ini, hanya perlu membangun sebuah percakapan yang menarik dengan mereka untuk membangun awarenessnya.

Segmen No Idea at All merupakan segmen yang cukup sulit, karena pada dasrnya mereka tidak cukup paham tentang sebuah pernikahan. Pemain bisnis Wedding Organizer yang ingin mentargetkan mereka harus bekerja cukup ekstra untuk melayani pelanggan ini. Perlu adanya edukasi lebih soal pesta pernikahan agar mereka mulai memiliki bayangan soal rencana pernikahan mereka. Mayoritas dari segemen ini juga merupakan pelajar atau mahasiswa, sehingga aktivitas promosi paling efektif yang dapat dilakukan adalah memalui platform sosial media. Konten promosi pada sosial media sebaiknya lebih mengenai pengetahuan soal pernikahan, atau mungkin cerita pernikahan para artis yang nantinya dapat mengispirasi segmen ini. Konten tersebut juga harus diberikan apabila pemian bisnis Wedding Organzir ikut dalam sebuah pameran pernikahan dan menemui segmen ini.

Segmen yang terakhir ini merupakan segmen yang sangat megnuntungan untuk Wedding Organizer. Mereka terdiri dari kalangan pebisnis/ wirausahan yang ada di Kota Blitar. Mereka ada pada umur 30-40 tahun. Diamana kebanyakan dari mereka pasti sudah melakukan pernikahan. Akan tetapi segmen ini sangat potensial, salah satu perannya adalah sebagai referensi pelanggan yang mana dapat memberikan informasi mengenai pernikahan kepada segmen lain. Yang paling penting dalam segmen ini adalah para pemain bisnis Wedding Organizer, harus berhati-hati dan fokus untuk memberikan pelayanan yang memuaskan. Karena mereka akan dengan mudah membicaraan kepuasan mereka kepada orang lain. Walaupun kebanyakan dari mereka sudah melakukan pernikahan, akan tetapi segmen ini mungkin di targetkan untuk pernikahan kerabat atau saudaranya, bahkan anaknya sendiri. Apabila melakukan kegiatan personal selling pada segmen ini, maka harus dilakukan dengan berhati-hati dan santun. Karena mereka sangat memperhatikan tata karma diusianya mereka yang sudah dapat diaktakan cukup tua. Pemain Wedding Organizer harus bekerja ekstra dengan segmen ini, dan harus berhati-hati, karena mereka suadah tidak asing lagi dengan deail Wedding Organzier.

#marketingisntallaboutselling #imarkethink


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close