People Innovation Excellence

UNIQUENESS CHARACTERISTIC OF TALK SHOW PROGRAM VIEWERS IN INDONESIA

By: Nisa Noviyana, SE (Student of International Marketing)

Uniqueness Characteristic merupakan segmentasi pemirsa program acara talk show yang memiliki profil demografi jenis kelamin perempuan dengan tingkat pendidikan SD/SMP/SMA. Pemirsa pada kelompok segmentasi ini ialah perempuan yang memiliki sifat internally focused, yaitu sifat yang cenderung subjektif dan intuitif. Oleh karena itu program acara talk show perlu mempertimbangkan pelaku acara yang saat ini sedang jadi perbincangan dan banyak disukai pemirsa karena hal terseb­ut dapat menarik minat pemirsa untuk menonton program acara yang ditayangkan karena sifat yang mereka miliki tersebut.

Dalam hal ini karaktersitik preferensi pemirsa pada kelompok segmentasi Uniqueness Characteristic, yaitu pemirsa yang memiliki pertimbangan internal factors in choosing talk show program yang terdiri atas appealing, performance, dan conformity.

External factors in choosing talk show program
1. Appealing Ketertarikan tema program
Ketertarika konten program
Manfaat hiburan
Konten program
2. Performance Performa pelaku acara
Alur mudah dipahami
Presenter program
Bintang tamu
3. Conformity Kesesuaian kegemaran
Manfaat inspirasi
Manfaat informasi

Oleh karena itu, untuk menarik perhatian pada kelompok segmentasi ini maka industri pertelevisian dapat mempertimbangkan tiga ide program acara talk show sebagai berikut:

1. Nama program: LET’S DIY

Tema program: Baik host ataupun performer melakukan kegiatan Do It Yourself dengan dibimbing oleh ahli, pada program acara ini juga diberitahukan informasi untuk mendapatkan alat dan bahan yang akan digunakan sehingga akan memudahkan pemirsa dalam menemukan alat dan bahan tersebut untuk membuatnya.

Pelaku acara (host): Fitri Tropica dan Ge Pamungkas

Pelaku acara (performer): Sheryl Sheinafia, Keenan Pearce, Yuki Kato, dan Diana Rikasari

Informasi: Talk show akan membahas obrolan mengenai hobi dan kegemaran bintang tamu serta cara membuat atau memodifikasi suatu barang menjadi barang yang unik, kegiatan Do It Yourself ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan kreatifitas.

2. Nama program: SNAP N STYLE

Tema program: Sebelum melakukan obrolan mengenai fashion dan lifestyle maka bintang tamu diberikan kesempatan untuk berfoto dan memposting outfit of the day mereka ke akun media sosial instagram mereka dan pada akhir program akan dilihat siapa yang mendapatkan jumlah like terbanyak. Bintang tamu yang mendapatkan jumlah like terbanyak akan mendapatkan penghargaan “The Best of SNAP N STYLE” serta membahas kehidupan sosial mereka berdasarkan unggahan foto yang dibagikan pada akun media sosial mereka.

Pelaku acara (host): Joshua Suherman dan Pamela Bowie

Pelaku acara (performer): Andien Aisyah, Alika Islamadina, Aliando Syarief, Ana Octarina, Prilly Latuconsina, Ayudia Bing Slamet, dan Verrel Bramasta.

Informasi: Talk show akan membahas obrolan mengenai fashion dan lifestyle ter-up to date yang akan dibahas secara detail oleh pelaku acara serta tips dan trik dalam berpakaian yang fashionable.

3. Nama program: TALKING WITH CHEF JUNA

Tema program: Program acara talk show yang melakukan perbincangan diselingi dengan kegiatan memasak yang tentunya akan dipandu oleh Chef Juna, yaitu salah satu koki handal di Indonesia yang memiliki daya tarik sendiri dengan banyak tattoo yang dimiliki dan sifat kritikusnya. Selain itu juga bintang tamu akan ditantang untuk memasak suatu makanan yang sudah ditentukan oleh tim kreatif, tentu akan banyak keseruan pada tantangan tersebut.

Pelaku acara (host): Chef Juna

Pelaku acara (performer): Dian Sastrowardoyo, Kirana Larasati, Raline Shah, Rizky Febian, dan Dude Herlino

Informasi: Talk show akan membahas obrolan mengenai kehidupan sehari-hari terkait dengan “cooking and food” serta memberikan tips dan trik cara mudah memasak makanan sehat dan lezat di rumah.

#marketingisntallaboutselling #imarkethink


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close