People Innovation Excellence

PREFERENSI KONSUMEN STARBUCKS AEON MALL TERHADAP SALES PROMOTION, ASSORTMENT DAN PACKAGING YANG MENDORONG PURCHASE INTENTION DAN DAMPAKNYA PADA BRAND LOYALTY

Oleh: Lidia Vera, SE (Alumni of International Marketing)

Indonesia merupakan salah satu Negara berkembang yang sedang giat-giatnya melakukan pembangunan dalam berbagai sektor, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun. Badan Pusat Statistik mencatat kuartal kedua tahun 2016 ini mengalami pertumbuhan sebesar 5,18% di bandingkan dengan tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal kedua ini meningkat lebih dari yang diharapkan, hal ini di dorong oleh belanja konsumen dan belanja Negara. (BBC Indonesia, 2016)

Dengan pertumbuhan ekonomi yang di alami Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai Negara yang di anggap memiliki pasar yang menarik. Hal ini di akui oleh Duta besar Uni Eropa dan Brunei Darusalam, Vincent Guerend yang mengungkapkan pandangannya bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial. (Lia Wanadriani Santosa, 2016)

Selain pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat tiap tahunnya terdapat alasan lain yang menjadikan pasar Indonesia menarik di mata pelaku bisnis lokal maupun Internasional. Indonesia merupakan salah satu Negara ter-konsumif di dunia. Sejak tahun 1970-an hingga hari ini Indonesia sudah di kenal sebagai Negara paling konsumtif di dunia. Bahkan pada saat krisis ekonomi global melanda dunia pada tahun 1998 dan 2008, Indonesia seolah tidak terpengaruh. Di era 2000-an ini kehidupan konsumtif masyarakat semakin menjadi-jadi. Hal ini yang menjadikan Negara Indonesia menjadi daya tarik dan sasaran bombardier barang dan produk dari berbagai dunia. Mulai dari produk berkualitas paling rendah hingga tinggi sekali pun (Mulyady Chandra, 2015).

Fakta-fakta tersebut menjadikan para pelaku bisnis lokal maupun internasional berbondong-bondong untuk membuka bisnisnya di Indonesia. Contoh bisnis yang sedang marak di Indonesia saat ini adalah coffee shop. Fenomena ini dapat dilihat dari banyaknya coffee shop yang menjamur di berbagai daerah yang menawarkan berbagai konsep menarik. Pada awalnya coffee shop hanya di datangi oleh para pencita kopi saja, namun saat ini kerap kali masyarakat datang ke coffee shop untuk sekedar mengerjakan tugas, melepas lelah bahkan bertemu dengan rekan bisnis (Mega Aguend, 2015). Pasar dari bisnis ini pun menjadi lebih luas sehingga menarik pemain baru untuk terjun ke bisnis yang sama.

            Oleh karena itu para pelaku bisnis dalam bidang ini harus menerapkan pemasaran yang tepat. Bukan hanya sekedar menarik pelanggan namun dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar mendapatkan Loyalitas dari pelanggan. Loyalitas dalam jangka panjang selalu menjadi perencanaan pasar strategik (Kotler, 1999) dan dasar keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (Basu, 1994) yaitu keunggulan yang dapat direalisasikan melalui upaya-upaya pemasaran.

Upaya-upaya pemasaran tersebut juga di lakukan oleh salah satu brand coffee shop yang sudah sering kita dengar yaitu Starbucks. Starbucks merupakan salah satu coffee shop terbesar di dunia saat ini (Carlo Sicoli, 2014) dan merupakan coffee shop terpopuler di Indonesia hal tersebut didukung oleh data Top Brand Coffee Shop Indonesia 2016 dimana Starbucks berada pada peringkat teratas.

Gambar Top Brand Coffee Shop Indonesia 2016 (www.topbrand-award.com)

Starbucks didirikan pada tahun 1971 di Seattle, Amerika Serikat dan saat ini memiliki lebih dari 16.000 gerai di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Starbucks sangat digemari oleh para pencita kopi, Starbucks di Indonesia telah tersebar di beberapa kota besar seperti Bandung, Surabaya, Medan, Balik papan, Denpasar, Makasar dan lain-lain. Hampir setiap mall di kota-kota besar tersebut memiliki kedai Starbucks, untuk melebarkan sayapnya Starbucks juga membuka gerainya di salah satu mall yang memiliki konsep baru di Indonesia yaitu AEON Mall BSD. AEON Mall BSD merupakan mall asal Jepang pertama di Indonesia yang menawarkan berbagai tenant fashion, food dan atmosphere menyerupai Jepang. Mall ini di buka sejak 30 Mei 2015 lalu dan resmi melakukan grand opening pada 14 Juni 2015. AEON Mall BSD berhasil menarik pengunjung sekitar bahkan penggunjung dari luar kota (Nurfitriani, 2015). Melihat peluang tersebut Starbucks pun turut mengambil bagian dan membuka gerainya di AEON Mall BSD.

Selain Starbucks juga terdapat banyak coffee shop di AEON Mall yang menawarkan konsep yang serupa seperti halnya LIBERICA, Café Bene, Java Jazz Coffee dan Hario Café namun hal tersebut tidak menghalangi Starbucks untuk ramai pengunjung.

To be continued to: PREFERENSI KONSUMEN STARBUCKS AEON MALL TERHADAP SALES PROMOTION, ASSORTMENT DAN PACKAGING YANG MENDORONG PURCHASE INTENTION DAN DAMPAKNYA PADA BRAND LOYALTY (2)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close