People Innovation Excellence

Indonesia Tak Lagi Impor Beras

Indonesia Tak Lagi Impor Beras

Berita yang terbaru mengenai kondisi impor di Indonesia ini adalah mengenai Indonesia yang sudah tidak lagi mengimpor beras dari negara tetangga seperti, Thailand. Negara Thailand ini merasa kerepotan karena Indonesia memberhentikan impor berasnya ini. Hal ini dikarenakan Indonesia adalah pasar ekspor terbesar bagi Thailand. Berbeda dengan Thailand, Vietnam mengapresiasi Indonesia karena sudah tidak lagi melakukan impor sejak tahun 2016. Jumlah persediaan gabah beras ini meningkat sebesar 420 persen ditahun 2017 ini dibandingkan pada tahun 2016 lalu.

Setelah saya membaca berita diatas, saya merasa bangga dengan Indonesia karena mereka mau membantu agar petani-petani kecil yang ada di Indonesia ini memiliki peluang bisnis yang besar. Karena jika dibandingkan dengan beras impor, pasti konsumen akan lebih memilih beras impor dengan berbagai alasan. Hal ini sebaiknya ditindaklanjuti terus menerus agar Indonesia tidak perlu lagi mengimpor beras dari negara tetangga untuk memenuhi konsumsi penduduknya. Seharusnya Indonesia bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya karena Indonesia adalah negara agraris atau yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

Solusi agar Indonesia dapat tetap terus memenuhi kebutuhan masyarakatnya itu bisa dengan cara meningkatkan kualitasnya. Pemeritah daerah seharusnya bisa lebih memperhatikan lagi kualitas padi yang dihasilkan oleh petani didaerah mereka. Pemerintah bisa saja memsubsidikan pupuk-pupuk yang berkualitas agar bisa menghasilkan padi yang lebih berkualitas dibandingkan beras yang di impor dari Thailand. Setelah dapat menghasilkan beras yang berkualitas, sebaiknya petugas BULOG yang mengurusi masalah harga dan yang mendistribusikan berasnya ini menetapkan harga dibawah harga beras import dari Thailand ini agar masyarakat lebih tertarik untuk membeli beras lokal dengan kualitas yang baik dan harga yang lebih murah dibandingkan beras import ini.

 

Sumber Berita:

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/03/26/123005726/negara.tetangga.komplain.indonesia.tak.lagi.impor.beras


Published at :
Written By
Ng Scherly H, S.E, MIB
LS-S2 | IBM
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close