People Innovation Excellence

Internship at PT Dewaweb : Expect The Unexpected!

By: Patricia Yessi (Student of International Marketing)

Hai! Perkenalkan namaku Yessi dari International Marketing Binusian 2018. Tepatnya pada tanggal 20 Februari 2017 kegiatan magang saya di Dewaweb dimulai. Dalam beberapa hari pertama di Dewaweb, saya dan teman-teman magang lain diberikan pengenalan terhadap sejarah Dewaweb sendiri. Kami juga dibekali dengan pengetahuan-pengetahun dasar seputar dunia cloud hosting dan juga keadaan pasarnya di Indonesia. Setelah itu, kami mendapatkan pembelajaran mengenai produk-produk yang ditawarkan oleh Dewaweb. Mulai dari jenis, harga, kelebihan, dan juga target pasar dari masing-masing produk itu sendiri. Dengan berbaik hati, Dewaweb memberikan kami masing-masing satu buah paket hosting dan domain untuk membuat website pribadi kami. Kami diperbolehkan untuk memilih nama domain dan juga memanfaatkan website tersebut sesuka hati kami.

Setelah selesai dengan perkenalan dan juga pelatihan dasar, Dewaweb langsung memfokuskan kami kepada target-target dan juga acara-acara yang akan datang. Kami mulai mendiskusikan seminar perdana yang akan dibuat oleh Dewaweb. Persiapan awal yang dilakukan masih bersifat konseptual di mana kami masih mendiskusikan nama acara, format acara, tema, target, dan juga benefit dari acara ini. Di sela-sela kesibukan kami merencanakan konsep dari acara tersebut, kami membantu tim Dewaweb untuk menyelesaikan promo Valentine yang sedang berlangsung. Kami membantu untuk merekap data-data perserta, menentukan pemenang, dan juga membantu mempersiapkan hadiah-hadiah untuk dikirimkan kepada para pemenang.

                        Untuk memberikan kontribusi yang lebih besar lagi kepada Dewaweb, kami kali ini dipercaya untuk membantu merencanakan ide-ide promo yang menarik bagi para pelanggan Dewaweb. Ada beberapa promo yang dihadirkan Dewaweb bagi para pelanggannya berkat bantuan kami seperti, promo Kartini, pekan Pancasila, Hari Raya Idul Fitri, dan juga Lebaran. Kami memberikan kontribusi di dalam setiap promo tersebut sesuai dengan bidang dan keahlian kami masing-masing.

Saya bersama maskot PT Dewaweb

Tidak hanya berkontribusi dari dalam kantor saja, kami juga memberikan kontribusi kami kepada Dewaweb dengan berpartisipasi di luar kantor seperti mengikuti pameran, event-event, dan juga meeting dengan beberapa partner Dewaweb. Salah satu event besar yang kami ikut untuk berpartisipasi di dalamnya adalah Indonesia E-Commerce Summit and Expo 2017 atau yang lebih sering disingkat IESE 2017. IESE merupakan acara e-commerce terbesar di Indonesia yang menghadirkan lebih dari 300 peserta dari industri e-commerce, peremintahan, instansi, pengusaha, IT, jaringan, logistik, dan juga industri pendukung lainnya. Pada IESE 2017, Dewaweb ikut berpartisipasi dengan membuka booth untuk memperkenalkan Dewaweb ke masyarakat luas. Selama tiga hari (9-11 Mei 2017), kami membantu Dewaweb untuk mempromosikan produk-produknya dan berusaha mendapatkan pelanggan baru dari event IESE 2017. Pengunjung IESE 2017 terlihat sangat antusias dengan Dewaweb dan juga produk-produk yang ditawarkannya. Dengan senang hati kami melayani para pengunjung dengan memberikan penjelasan singkat mengenai Dewaweb, dan juga membantu mereka untuk menjawab pertanyaan seputar dunia cloud hosting.

Setelah melalui berbagai proses perencanaan dan juga persiapan, akhirnya kami bersama Dewaweb ingin menghadirkan sebuah seminar bertemakan Digital Marketing dengan nama Dewatalks. Dewatalks akan menjadi acara tahunan dari Dewaweb yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai tema-tema tertentu dengan menghadirkan pembicara yang sudah menjadi pakar di bidangnya. Dewatalks tahun ini diselenggarakan pada tanggal 20 Mei 2017 di Plataran Patio. Saya berkontribusi mulai dari persiapan acara hingga menjadi MC pada saat acara berlangsung. Persiapan yang dilakukan sangat banyak dan cukup beragam. Mulai dari mempersiapkan tempat, mencari dan mengkonfirmasi para pembicara, mempersiapkan goodie bag, dan juga semua perlengkapan dan peralatan yang diperlukan pada saat acara.

Saya didaulat menjadi Master of Ceremony dalam International Seminar yang diadakan PT Dewaweb

Dewatalks pertama ini sangatlah sukses karena jumlah partisipan yang hadir pada saat acara melebihi kapasitas dari kursi yang tersedia. Kami bahkan harus menutup pendaftaran dan dengan berat hati menolak partisipan yang ingin mengikuti acara karena keterbatasan tempat. Kami sangat puas dengan hasil dari kerja keras kami mempersiapkan dan juga merencanakan acara Dewatalks ini. Para partisipan juga merasa puas dengan adanya Dewatalks ini dan mereka berharap Dewatalks akan diadakan lebih sering lagi dan juga diadakan di kota-kota lain di luar Jakarta dengan tema-tema yang lebih beragam.

Berbagai pengalaman serta kerja keras saya melakukan kerja praktek di PT Dewaweb merupakan hal yang sangat saya syukuri. Berkat program 3+1 dari BINUS University saya dapat terjun langsung dan merasakan dunia start up di Indonesia. Tidak terhitung berapa banyak perkembangan dan kemajuan yang signifikan terjadi dalam diri saya setelah saya mengikuti magang. Program magang ini membuat saya berani expect the unexpected! Banyak kesempatan serta hal-hal menarik saat magang yang tidak akan kita dapat di bangku kuliah maupun dalam organisasi kampus sekalipun. Saya sangat merekomendasikan adik-adik kelas untuk mengikuti Program 3+1 ini selanjutnya. Program ini akan membuat kalian lebih siap memasuki dunia kerja secara nyata dan meningkatkan banyak elemen soft skills maupun hard skills. Akhir kata, saya merasa berhasil membuktikan di akhir masa magang saya bahwa Marketing isn’t all about selling. Menurut saya pribadi, Marketing is all about making ideas happen. Terima kasih PT Dewaweb atas pengalaman berharga yang diberikan selama kurang lebih 4 bulan masa magang. Terima kasih BINUS University untuk kesempatannya bagi saya melakukan magang secara full time dari Februari – Juni 2017!

#marketingisntallaboutselling


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close